Rabu, 26 September 2018

Asisten Deputi (Asdep) Regional II Kemempar RI Buka Festival Babukung 2018

Diterbitkan tanggal 18 Juli 2018

Nanga Bulik – Asisten Deputi (Asdep) Regional II Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Sumarni, secara resmi membuka Festival Seni Tari Babukung Kabupaten Lamandau tahun 2018, Selasa (17/7/2018) sore yang berpusat di Stadion Hinang Golloa.

Pembukaan kegiatan Festival Babukung ke IV itu ditandai dengan pemukulan gong oleh perwakilan Kemenpar serta ditabuhnya gendang oleh Bupati Lamandau Marukan dan sejumlah pejabat yang hadir.

Dalam sambutannya, Sumarni mengaku cukup terpukau dengan adanya gelaran festival yang mengangkat muatan khazanah budaya asli daerah. Ia juga mengapresiasi stakeholder terkait yang selama ini dinilai telah bersungguh-sungguh untuk terus berupaya melestarikan seni dan budaya yang langka tersebut.

“Jika kami lihat dari sisi keunikan dan kekhasannya, jenis seni tari babukung kami kira satu-satunya hanya ada di Lamamdau ini. Saya sangat bangga berkesempatan datang ke Lamandau serta melihat pementasan seni tari yang unik serta memiliki makna yang cukup dalam itu,” katanya.

Diketahui, Festival Babukung 2018 kali ini akan berlangsung selama tiga hari yakni dari 17 hingga 19 Juli 2018 mendatang. Tempat penyelenggaraan juga dipusatkan di Stadion Hinang Golloa, Nanga Bulik.

Seperti diungkapkan Ketua Panitia Festival Babukung 2018 Frans Evendi, Festival Babukung yang pernah meraih rekor MURI dalam kategori penari topeng tradisional terbanyak itu, untuk tahun ini akan diikuti oleh perwakilan dari 88 Desa yang ada di kabupaten Lamandau. Adapun jenis bukung yang dilombakan meliputi delapan jenis luha (topeng).

Sumber : Borneonews, Oleh Hendi Nurfalah, 17 Juli 2018 – 21:20 WIB

 

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id