Kamis, 21 Juni 2018

BUM Desa Harus Mampu Berikan Kontribusi Signifikan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Diterbitkan tanggal 27 Oktober 2016

Nanga Bulik – Sebagai salah satu lembaga ekonomi yang beroperasi di pedesaan, Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) harus memiliki perbedaan dengan lembaga ekonomi pada umumnya. Ini dimaksudnya agar keberadaan dan kinerja BUM Desa mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan warga masyarakat.
Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Lamandau, Drs. H. Sugiyarto, M.A.P. saat membuka kegiatan Pelatihan Pendirian dan Pengembangan BUM Des Kabupaten Lamandau tahun 2016, Rabu (26/10) diAula DPKAD Lamandau.
“Keberadaaan BUM Des merupakan bentuk kemandirian dari suatu desa sebagai implementasi otonomi desa. Melalui BUM Des diharapkan desa dalam melaksanakan pembangunan tidak sepenuhnya bergantung subsidi dari pemerintah, namun dapat dijadikan suatu alternatif lain yang memberikan tambahan terhadap keuangan desa”, kata Drs. H. Sugiyarto, M.A.P
BUM Desa adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa yang dijalankan dengan semangat gotong royong.
“Dengan adanya BUM Desa dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan juga berguna untuk mengelola aset dan kekayaan desa agar dapat didayagunakan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat desa.”, kata Drs. H. Sugiyarto, M.A.P.
Beliau berharap pada tahun 2017 semua desa di Kabupaten Lamandau sudah terbentuk BUM Desa dengan mengembangkan usaha menggali potensi desa seperti sumber daya alam yang dikelola sesuai dengan kearifan lokal yang berasaskan pada prinsip-prinsip berkelanjutan.
Sementara itu terkait pelatihan Pendirian dan Pengembangan BUM Des, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), Dra Hj. Endang Rustiningsih, M.A.P mengatakan pelatihan digelar untuk memberikan informasi dan masukan tentang BUM Des kepada peserta pelatihan, memfasilitasi desa dalam pendirian dan pengembangan BUM Des, menambah pengetahuan pelaksana operasional BUM Des guna pengembangan unit usaha sehingga mampu membuka peluang lapangan kerja dan meningkatkan kemampuan  pengelolaan keuangan BUM Des.
“Dalam pelatihan tersebut kita undang narasumber dari BPMPD Provinsi Kalteng Ibu Sri Harini Margareta, S.Sos, M.Si (Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat) dan Kepala Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah”, kata Dra Hj. Endang Rustiningsih, M.A.P.
Sumber: Humas Kab. Lamandau
Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id