Jumat, 17 Agustus 2018

Bupati Lamandau Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Diterbitkan tanggal 01 Oktober 2014

Nanga Bulik – Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Lamandau dipimpin langsung oleh Bupati Lamandau Ir. Marukan. Upacara ini berlangsung di halaman Kesbangpolinmas, Rabu (1/10).

Upacara yang berlangsung singkat dan khitmat yang bertemakan “Penguat Nilai-Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi” ini merupakan momentum yang tidak lepas dari peristiwa G30S PKI.

“Peringatan ini diselenggarakan agar kita mengingat kembali, merenungkan peristiwa yang telah merongrong kedaulatan bangsa Indonesia, diantaranya adalah gerakan 30 SPKI tetapi sampai sekarang kita bisa tetap eksis dengan dasar pancasila,” kata Bupati Lamandau Ir Marukan seusai upacara.

Lebih lanjut, Bupati Lamandau Ir. Marukan mengatakan bahwa upacara yang berjalan cukup singkat tetapi cukup memberikan makna yang luar biasa, dimana kita harus melanjutkan perjuangan para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan.

“Sesuai dengan tugas dan fungsi kita, menjalankannya dengan baik untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dan kita mengisi kemerdekaan ini sesuai dengan dasar kita yaitu pancasila,” kata Bupati Lamandau Ir Marukan.

Bupati juga mengingatkan bahwa kita tidak boleh membeda-bedakan baik itu suku, ras ataupun agama karena kita harus bersatu padu.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB itu diisi dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan. Selain itu juga ada pembacaan pancasila oleh Bupati Lamandau Ir. Marukan dan pembacaan ikrar oleh Ketua DPRD H. Tommy Hermal Ibrahim.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id