Kamis, 21 Juni 2018

Bupati Resmikan Jembatan Gantung Pati Anum

Diterbitkan tanggal 14 Maret 2015

Nanga Bulik – Bupati Lamandau Ir. Marukan meresmikan jembatan gantung Pati Anum di Desa Riam Tinggi Kecamatan Delang, Jumat (13/3). Jambatan gantung ini merupakan bantuan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPD) tahun anggaran 2014.

Pembangunan jembatan dianggap prioritas oleh masyarakat, oleh karena itu pembangunan sarana ini diharapkan dapat mendukung perekonomian masyarakat.

” Kita berharap dengan dibangunnya jembatan gantung di Desa Riam Tinggi ini dapat memenuhi kebutuhan dan mendukung perekonomian masyarakat dibidang pertanian, dapat semakin memacu pertumbuhan ekonomi di sektor riil demi tercapainya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat,” kata Bupati Lamandau Ir. Marukan.

Ir. Marukan mengatakan bahwa dengan adanya jembatan gantung yang dilaksanakan dari dana PNPM-MPD semakin menguatkan komitmen pemerintah untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Dana pembangunan jembatan yang panjangnya 60 meter ini berasal dari dana BLM sebesar Rp. 350.000.000,- dan dana swadaya sebesar Rp. 3.600.000,-,” papar Bupati Lamandau Ir.Marukan.

PNPM-MPD merupakan program yang diluncurkan pemerintah dengan tujuan untuk percepatan penanggulangan kemiskinan secara terpadu melalui peningkatan kapasitas masyarakat, pemerintah lokal serta penyediaan sarana prasarana sosial dasar dan ekonomi

”Program PNPM Mandiri Perdesaan merupakan program pemerintah secara nasional dengan berasaskan dari oleh dan untuk masyarakat oleh karena itu peran serta semua masyarakat merupakan penentu keberhasilan program,” kata Bupati Lamandau Ir. Marukan.

Walaupun pada saat ini program PNPM-MP sudah berakhir, namun asset serta proses yang telah dilaksanakan harus tetap dijalankan karena program ini benar-benar mengajak masyarakat berperan aktif dalam kegiatan pembangunan secara transfaran dan akuntabel, ujar Beliau.

Pembangunan dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat didukung oleh Ditjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id