Jumat, 17 Agustus 2018

Damang Kepala Adat Kecamatan Bulik dan Kecamatan Menthoby Raya Resmi Dilantik

Diterbitkan tanggal 10 November 2016

Nanga Bulik – Bupati Lamandau, Ir. Marukan, M.A.P yang juga merupakan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Lamandau secara resmi telah melantik dua orang damang kepala adat, yaitu Oswal Samping yang merupakan Damang Kepala Adat Kecamatan Bulik dan Erlesen Dundai yang merupakan Damang Kepala Adat Kecamatan Menthoby Raya. Pelantikan tersebut digelar di Rumah Jabatan Bupati Lamandau, Rabu ( 9/11) kemarin dan dihadiri oleh seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), unsur Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD).

“Untuk damang kepala adat yang sudah dilantik segera melaksanakan tugas dan kewajibannya. Damang juga kami tuntut untuk melaksanakan tugasnya melestarikan, mengembangkan dan memberdayakan adat istiadat”, kata Bupati Lamandau, Ir. Marukan, M.A.P. Beliau mengatakan bahwa fungsi damang sebagai penegak hukum adat Dayak dalam wilayah kedamangannya.

Namun, Beliau menyadari bahwa fenomena yang terjadi saat ini kesetiaan terhadap hukum adat, adat istiadat dan kebiasaan positif dalam masyarakat adat Dayak sudah cenderung memudar.“Selama ini beberapa peristiwa, kegiatan sidang dan hukum adat mulai berubah dari nilai adat yang ditetapkan. Ada mantir dan damang terpancing dengan keinginan masyarakat luas bahkan lepas kendali keluar dari adat yang seharusnya dia jaga. Akibatnya hukum adat tidak puunya wibawa”, kata Ir. Marukan, M.A.P

Lebih lanjut beliau mengatakan sebesar apapun tuntutan masyarakat harusnya baik sidang maupun hukum adat dilaksanakan secara elegan. Esensinya hukum adat tujuannya untuk memberikan pelajaran bagi yang melanggar hukum adat itu sendiri.

“Dalam praktik penegakan hukum adat yang dilakukan damang jangan sampai mengganggu dan bertabrakan dengan penyelenggaraan dan penanganan perkara baik yang sifatnya perdata maupun pidana yang dilakukan aparat penegak hukum negara seperti kepolisian atau kejaksaan”, kata Ir. Marukan, M.A.P.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id