Senin, 22 Oktober 2018

Delang Dinobatkan Jadi Daerah Keturunan Kesultanan Pagaruyung

Diterbitkan tanggal 13 Oktober 2016

Nanga Bulik – Masyarakat Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau merupakan saudara dan daerah keturunan Raja Pagaruyung. Ini dibuktikan oleh informasi dari Kerajaan Kutaringin Pangkalan Bun yang menyebutkan di Hulu Lamandau ada keturunan Raja Pagaruyung beserta peninggalan bendera kerajaan dan keris pusaka.

Hal tersebut disampaikan oleh Raja Pagaruyung, Sultan H. Muhamad Taufik Thaib saat berkunjung di Kecamatan Delang untuk membuktikan kejelasan silsilah keturunan, Selasa (11/10) kemarin. “Kedatangan kami ke Delang adalah untuk menyambung kembali tali silahturahmi dengan silsilah kekerabatan dari Kerajaan Pagaruyung yang sudah berabad-abad terpisah. Di Delang ada keturunan dari Patih Sebatang yang menikah dengan Dayang Ilung”, kata Raja Pagaruyung, Sultan H. Muhamad Taufik Thaib.

Dalam kesempatan tersebut, Raja Pagaruyung, Sultan H. Muhamad Taufik Thaib juga menobatkan Delang sebagai daerah keturunan Kesultanan Raja Pagaruyung dari Sumatera Barat. Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Lamandau, Charles Rakam Mamud, S.Pd mengatakan bahwa sebelumnya keluarga Kudangan keturunan Patih sebatang hanya menerima informasi sepihak dan melalui pertemuan ini terbukti bahwa Sultan Patih Sebatang adalah keturunan dari Raja Pagaruyung yang sudah 19 abad terpisah karena terdampar di wilayah Delang dan kemudian menikah dengan Dayang Ilung hingga mempunyai keturunan. “Bukti kejelasan silsilah keturunan bisa dilihat dengan adanya peninggalan dua pusaka bendera kerasaan dan keris retak sembilan yang sampai kini masih disimpan oleh keturunan dari Raja Pagaruyung”, kata Charles Rakam Mamud, S.Pd. Sebelumnya, Kedatangan Raja Pagaruyung, Sultan H. Muhamad Taufik Thaib disambut langsung oleh Bupati Lamandau, Ir. Marukan, M.A.P. Rombongan tiba di rumah jabatan Bupati pada Selasa (11/10) pukul 08.45 WIB.

Rombongan Raja Pagaruyung disambut dengan upacara sederhana. Penyembutan juga dihadiri oleh Wakil Bupati Lamandau Drs. H. Sugiyarto, M.A.P , Ketua DPRD H. Tommy Hermal Ibrahim, Sekretaris Daerah Drs. Arifin LP. Umbing, M.A.P, Wakapolres dan beberapa unsur SKPD Kabupaten Lamandau. “Kunjungan Raja Pagaruyung dari Sumatera Barat merupakan suatu kehormatan, dimana moment tersebut untuk mengetahui kekerabatan yang pada umumnya ada di wilayah Kabupaten Lamandau”, kata Bupati Lamandau, Ir. Marukan, M.A.P.
Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id