Selasa, 23 Oktober 2018

Distanakan Berhasil Kembangkan Kelengkeng di Lamandau

Diterbitkan tanggal 26 Maret 2016

Nanga Bulik – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanakan) Kabupaten Lamandau berhasil mengembangkan buah kelengkeng. Hal tersebut terlihat dari melimpahnya hasil panen perdana di Balai Benih Distanakan, Rabu (23/3) kemarin.

Melihat hasil panen perdana yang melimpah tersebut, Pemerintah Kabupaten Lamandau siap mengembangkan buah kelengkeng secara besar-besaran karena sangat potensial ditanam di Lamandau.

“Saya tidak menyangka kalau buah kelengkeng ternyata bagus di tanam disini (Lamandau), bahkan Balai Benih Distanakan telah mampu mengembangkan buah kelengkeng dengan hasil yang memuaskan”, kata Bupati Lamandau, Ir. Marukan, M.A.P saat menghadiri panen perdana.

Beliau menjelaskan bahwa buah kelengkeng di satu pohon cukup banyak dan harus ada perlakuan khusus saat pemupukan karena dapat mempengaruhi perkembangannya.

“Keberhasilan panen kelengkeng ini dapat dilihat oleh masyarakat. Nantinya dinas juga siap membina masyarakat yang hendak menanam pohon kelengkeng”, kata Ir. Marukan, M.A.P.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Distanakan Ir. Sunarto, MAP mengatakan tujuan dari panen ini untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa balai benih sudah membuktikan pengembangan kelengkeng.

“Kami berharap masyarakat dapat ikut mengembangkan tanaman buah kelengkeng ini dan kami siap memberikan pembinaan kepada masyarakat”, kata Ir. Sunarto, MAP.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id