Rabu, 20 Juni 2018

DPPKAD Lamandau Gelar Pelatihan Bagi Pengurus dan Penyimpan Barang

Diterbitkan tanggal 10 September 2015

Nanga Bulik – Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Lamandau menggelar pelatihan bagi pengurus barang dan penyimpan barang serta bimbingan teknis implementasi akuntansi berbasis akrual bagi SKPD Kabupaten Lamandau.

Pelatihan dibuka oleh Wakil Bupati Lamandau Drs. H. Sugiyarto, M.A.P, Rabu (9/9) kemarin di aula DPPKAD. Pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari.

“Pelatihan ini merupakan upaya meningkatkan dan mengembangkan sumber daya aparatus, sistem serta peraturan yang mendukung penerapan akuntansi berbasis akrual,” kata Wakil Bupati Lamandau Drs. H. Sugiyarto, M.A.P.

Penerapan standar akuntansi pemerintah (SAP) berbasis akrual meruapakan suatu basis akuntansi dimana transaksi ekonomi dan peristiwa lainnya diakui, dicatat dan disajikan dalam laporan keuangan pada saat terjadinya transaksi tersebut, tanpa memperhatikan waktu kas atau setara kas diterima atau dibayarkan.

“Saya meminta pada semua elemen yang melaksanakan fungsi akutansi agar dapat melakukan penyesuaian atau pembaharuan sehingga basis akrual dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” kata Drs. H. Sugiyarto, M.A.P.

Hal sedana juga didampaikan oleh Kepala DPPKAD Kabupaten Lamandau Drs. Abisua, M.A.P yang mengatakan bahwa dengan pelatihan ini diharapkan memberikan manfaat bagi SKPD dan SKPKD dalam menerapkan akuntansi berbasis akrual sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Acara ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman serta menyamakan persepsi aparatur pengelola keuangan tentang penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual,” kata Drs. Abisua, M.A.P

Dalam pelatihan tersebut mendatangkan narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah. Peserta yang mengikuti pelatihan ini meliputi penyimpan dan pengurus barang, PPK, Bagian perencanaan, bendahara penerima dan pengeluaran dari seluruh SKPD di lingkup Pemkab Lamandau.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id