Selasa, 23 Oktober 2018

Fastival Balayah Lanting Kembali Digelar Pemkab Lamandau

Diterbitkan tanggal 06 Juli 2017

Nanga Bulik – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau kembali menggelar festival balayah lanting, Rabu (5/7/2017) di Kecamatan Delang.
Festival yang digelar untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara ini diikuti oleh peserta dari seluruh Kecamatan se-Kabupaten Lamandau dan dari perwakilan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).
“Festival ini merupakan even tahunan yang bertujuan untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu,  kegiatan ini digelar sekaligus untuk memeriahkan upacara adat Babantan Laman yang akan digelar tanggal 7 Juli 2017 mendatang”, kata Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Fran Effendi.
Beliau mengatakan ada lebih dari 40 lanting (rakit) dalam festival tersebut dan untuk rute yang dilalui dimulai dari desa Nyalang kemudian berakhir di desa Riam Tinggi melalui jalur sungai.
Sementara itu, Bupati Lamandau, Ir. Marukan, M.A.P. mengatakan bahwa festival balayah lanting ini digelar bukan karena mempertahankan peradaban zaman dulu, tetapi diambil unsur hiburannya untuk menarik wisatawan untuk datang ke Kabupaten Lamandau.
“Dari festival ini kita juga dapat mengambil maknanya, jika dulu transportasi hanya menggunakan lanting, maka sekarang kita patut bersyukur sudah ada jalan yang bagus, bisa menggunakan sepeda motor dan mobil”, kata Ir. Marukan, M.A.P.
Lebih lanjut Beliau mengatakan bahwa Balayah Lanting lebih menonjolkan hiburan, karena itu Beliau berharap kedepan para peserta bisa menghias lantingnya dengan sebaik dan seunik mungkin.
Sumber: Protokol dan Komunikasi Publik Setda Lamandau
Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id