Selasa, 23 Oktober 2018

Lamandau Siap Sambut Festival Seni Qasidah Kalimantan Tengah Ke VII Tahun 2018

Diterbitkan tanggal 01 Juni 2016

2016

Nanga Bulik – Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Lamandau diminta segera mempersiapkan diri menyambut hajat Festival Seni Qasidah Tingkat Provinsi Kalimantan TengahVII tahun 2018  yang rencananya akan digelar di Kabupaten Lamandau. Persiapan yang dimaksud, di antaranya agar pengurus Lasqi Lamandau segera menyusun Rencana Kerja (Renja) dan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) untuk pelaksanaan Festival Seni Qasidah Kalteng 2018 tersebut.

“Alhamdulillah kita (Lamandau) dipercaya menjadi tuan rumah Festival Seni Qasidah  VII tingkat Provinsi Kalteng 2018. Hal ini tentu menjadi kebanggaan bagi kita Lamandau, karena  ini merupakan event pertama kali,” sebut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lasqi Kabupaten Lamandau, H. Tommy Hermal Ibrahim, di Nanga Bulik, Kamis (1/9/2016).

Namun demikian, sambungnya, kepercayaan menjadi tuan rumah pelaksanaan tidak cukup hanya sekedar dibanggakan, melainkan harus disertai dengan persiapan yang matang, agar gelaran nanti berjalan dengan sukses.

Atas dasar itu, dirinya yang juga merupakan ketua DPRD Lamandau tersebut, mengajak agar pengurus Lasqi Lamandau segera merapatkan barisan untuk mempersiapkan Renja dan RAB-nya.

“Pokoknya kita harus segera persiapkan segala sesuatunya, persiapan lebih cepat lebih baik, sehingga tidak terkesan buru-buru dan semua keperluannya dapat diinventarisir dengan baik,” sebutnya.

Menurutnya pula, hingga kini dirinya telah berkoordinasi dengan pihak eksekutif, yang diantara hasilnya adalah anggaran untuk pelaksanaan Festival Seni Qasidah ke VII tingkat provinsi Kalteng akan dianggarkan dalam dua tahun anggaran, yakni APBD tahun 2017 dan APBD tahun 2018.

Judul asli : Lamandau Diminta Siap Sambut Festival Lasqi Kalimantan Tengah 2018, Borneonews.com Oleh Hendi Nurfalah,  01 September 2016

 

 

2017

NANGA BULIK- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau tidak main-main untuk persiapan menyambut Festival Seni Qasidah (FSQ) Tingkat Provinsi Kalteng VII tahun 2018, digelar di Kabupaten Lamandau. Bupati Lamandau Ir Marukan MAP mengatakan, Lamandau sangat siap gelar kegiatan skala provinsi dan pihaknya akan siapkan anggaran. “Kita akan anggarkan Rp15 miliar untuk pelaksanaan kegiatan Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi), yakni FSQ VII 2018,” ungkap Marukan.

Pemkab Lamandau, tegas Marukan sudah sangat siap dan memberikan suport untuk suksesnya Lasqi VII 2018. Apalagi sarana prasarana sudah memadai dan pendanaan disiapkan, agar berjalan lancar.”Tentunya target dapat memberikan yang terbaik dengan juar umum dan sebagai kado diakhir masa tugas nantinya,” ucap Ketua DPC Gerindra Lamandau ini.

Bupati menerangkan, pengurus Lasqi Lamandau pastinya sudah lakukan persiapan, terutama menyusun Rencana Kerja (Renja) dan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) untuk pelaksanaan Festival Seni Qasidah Kalteng 2018.”Seleksi FSQ saat ini dilakukan dengan FSQ Tingkat Kabupaten Lamandau dan sarana sudah ada. Jadi nanti tugas bersama untuk suksesnya Lasqi 2018,” pungkasnya.

Sementara Ketua Lasqi Lamandau, H Tomy Hermal Ibrahim mengatakan, menyambut baik dukungan dari Pemkab Lamandau dan itu sebagai wujud nyata yang dapat dilaksanakan nantinya. Sehingga pelaksanan Lasqi di Lamandau dapat berjalan baik.”Alhamdulillah Lamandau pertana kali dipercaya menjadi tuan rumah FSQ VII tingkat Provinsi Kalteng 2018. Hal ini tentu menjadi kebanggaan bagi kita. Apalagi dukungan dari Pemkab Lamandau sangat baik dan akan semakin suksenya kegiatan,” ujarnya.

Judul asli : Untuk 2018, Lasqi Dianggarkan Rp15 Miliar, www.kalteng.prokal.co, 26 September 2017 (alh/ala/dar)

 

 

2018 :

Januari 2018

Nanga Bulik – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lamandau dengan resmi menggelar rapat pembentukan panitia kegiatan Festival Seni Qasidah (FSQ)  VII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2018 di Aula Setda Lamandau, Selasa (23/1/2018).

Rapat pembentukan panitia yang berlangsung di Aula Setda Lamandau tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati Lamandau, Drs. H. Sugiyarto, dan dihadiri oleh sejumlah pihak terkait, diantaranya adalah sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) pemkab Lamandau dan juga Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) kabupaten Lamandau.

Dalam rapat itu, peserta rapat berupaya membentuk komposisi kepanitiaan FSQ Tingkat Provinsi ke VII tahun 2018 di mana Lamandau menjadi tuan rumahnya, kepanitiaan yang dibentuk mulai dari panitia yang akan menduduki posisi Steering Commite maupun Organizing Commite.

“Rapat pembentukan panitia ini merupakan salahsatu bentuk dari upaya pemkab Lamandau dalam menyukseskan penyelenggaran FSQ Tingkat Provinsi ke VII tahun 2018 yang rencananya akan diselenggarakan bulan Juli 2018 nanti, sehingga pemkab melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari untuk memaksimalkannya,” ujar Wabup Sugiyarto di sela-sela kegiatan rapat.

Dirinya menyebut, karena sejatinya kegiatan FSQ Tingkat Provinsi ke VII tahun 2018 merupakan hajat pemerintah provinsi, maka yang menjadi ketua umum panitia umum adalah Kepala Daerah dari daerah penyelenggara, dalam hal ini yakni Bupati Lamandau, Marukan.

“Adapun untuk posisi ketua panitia harian, sudah di sepakati yaitu H. Tommy Heermal Ibrahim, yang dalam posisinya saat ini menjabat sebagai ketua umum DPD Lasqi kabupaten Lamandau,” jelasnya.

Dari pantauan, sa itu para peserta rapat juga telah menyusun rancangan komposisi bidang-bidang kepanitian, termasuk menentukan koordinator bidang (koorbid) dan juga anggotanya masing-masing.

“Natinya, komposisi kepanitiaan yang dibentuk ini akan diajukan kepada pemerintah provinsi dalam hal ini Gubernur Kalteng untuk mendapatkan SK (Surat Keputusan) kepanitiaan,” ujar Wabup. (HENDI NURFALAH/B-8)

Judul Asli : Pemkab Lamandau Gelar Rapat Pembentukan Panitia FSQ Tingkat Provinsi Kalteng 2018, www.borneonews.co.id   Oleh Hendi Nurfalah 23 Januari 2018

Maret 2018

Nanga Bulik (Inmas) Pagelaran Festival Seni Qasidah (FSQ) ke 7 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kota Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau dipastikan berlangsung mulai 5-12 Juli 2018.

Hal itu berdasarkan hasil rapat koordinasi antara panitia daerah dengan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Kalteng di aula Bappeda Pemkab Lamandau, Senin (19/3) siang.

Rapat itu dipimpin langsung oleh Bupati Lamandau, Marukan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandau, Arifin LP. Umbing, Plt Kepala Kemenag Lamandau, H Tufik dan sejumlah kepala dinas serta panitia daerah. Selain itu juga tampak hadir Dewan Penasehat DPW Lasqi Kalteng, Subeli Nordi dan sejumlah pengurus.

Rapat yang berlangsung sekitar 2,5 jam itu diawali dengan paparan pembagaian tugas antara panitia daerah selaku organizing committee (OC) dan panitia provinsi selaku steering committee (SC) oleh Subeli Nordi.

“Paparan pembagian tugas ini agar kerja kita tidak doubling sehingga perlu diatur,” ucap H Subeli seraya menjelaskan apa saja tugas panitia provinsi dan apa saja tugas panitia daerah.

Usia paparan tim provinsi, rapat dilanjutkan laporan masing-masing bidang baik menyangkut jenis tugas maupun jumlah anggaran yang dibutuhkan. Selain itu juga dialog antara panitia kabupaten dengan panitia provinsi serta bupati Lamandau.

“Alhamdulillah rapat bisa berjalan lancar dan telah disepakati beberapa hal baik terkait tugas panitia daerah dan provinsi, pembagian tugas tiap bidang beserta jumlah anggaran yang dibutuhkan dan waktu pelaksanaan,” ucap Ketua Bidang II Panitia Pelaksana FSQ Kalteng, H Hamim.

Dikatakan, berdasarkan kesepakatan rapat, FSQ ke 7 tingkat provinsi akan dilaksanakan tujuh hari mulai tanggal 5-12 Juli 2018 dengan perkiraan anggaran sebesar Rp11,5 miliar.

“Intinya pak bupati ingin agar pagelaran FSQ ke 7 tingkat provinsi ini sukses dan meriah karena ini diujung pengabdian beliau membangun Bumi Bahaum Bakuba. Karena itu kita akan menghadirkan sejumlah artis nasional seperti H Roma Irama dan beberapa artis religi alinnya,” ucapnya.

Sekadar diketahui, sebelum rapat koordinasi, tim DPW Lasqi Kalteng didampingi sejumlah pengurus DPD Lasqi Kabupaten Lamandau melakukan peninjauan langsung rencana lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat pembukaan FSQ, arena utama dan beberapa gedung yang akan dijadikan tempat lomba. Selain itu tim provinsi juga melakukan silaturahmi dengan jajaran Kantor Kemenag Kabupaten Lamandau. rf

sumber : www.kalteng.kemenag.go.id, 20 Maret 2018

 

Mei 2018

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) – Pemerintah Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah mengharapkan dunia usah
setempat dapat mendukung kegiatan Festival Seni Qasidah (FSQ) VII Tingkat Provinsi Kalteng tahun 2018 di Kabupat
Lamandau.

Hal ini disampaikan Bupati Lamandau, Marukan, pada saat menggelar Coffee Morning silaturahmi Pemerintah daerah
dengan dunia usaha dalam rangka persiapan Festival Seni Qasidah Ke VII tingkat Provinsi Kalteng di Kabupaten
Lamandau, kegiatan ini berlangsung di aula Kantor Bappeda yang dihadiri oleh Bupati Lamandau, Wakil Bupati
Lamandau, Sekda Lamandau, Ketua DPRD Lamandau, dan juga seluruh kepala SOPD di lingkup Pemkab setempat,
Selasa.

“Sebagai tuan rumah pelaksanaan FSQ tingkat Provinsi Kalteng, pemkab Lamandau berharap FSQ nantinya bisa
berlangsung meriah dan sukses,” kata Marukan, di Nanga Bulik.

Oleh sebab itu, pihak dunia usaha diharapkan dapat memberikan sumbangan untuk pelaksanaan kegiatan FSQ ke-VII
yang rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 5 – 11 Juli 2018.

“Kegiatan FSQ ini merupakan hajat kita bersama. Dan kegiatan FSQ adalah bagian dari pelaksanaan pem
daerah kabupaten Lamandau terkait dengan pembinaan mental spiritual masyarakat,” bebernya.

Dirinya meyakini bahwa selama ini kerjasama antara Pemkab Lamandau dengan pihak dunia usaha sud

Sebab, dengan alokasi anggaran dari APBD ditambah sumbangan dari kabupaten/kota se-Kalteng, pani
mengalami kekurangan dana.

“Jadi, tujuan kami mengundang pihak perusahaan atau dunia usaha agar kerjasama kita betul-betul diw
kegiatan seperti ini (memberikan sumbangan pada kegiatan FSQ),” demikian Marukan.

Pewarta : Fuad Siddiq
Editor: Zaenal A.
(https://kalteng.antaranews.com)

 

Juli 2018

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) – Kafilah Kota Palangka Raya berhasil sebagai juara umum Festival Seni Qasidah
ke-7 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2018 yang berlangsung di Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau.

“Sejak penyelenggaan pertama Festival Seni Qasidah hingga ke-7 tingkat Provinsi Kalteng di Lamandau, kafilah Kota
Palangka Raya selalu menjadi juara umum,” kata Ketua Lembaga Senin Qasidah Indonesia (Lasqi) Kota Palangka Raya,
Afendie di Palangka Raya, Kamis.

Kafilah Kota Palangka Raya berhasil meraih juara pertama pada kategori kolaborasi dan klasik putra.

Kemudian meraih juara kedua pada kategori klasik putri dan fashion putra, serta juara tiga pada kategori anak-anak
putra.

Selain itu kafilah dari Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini juga berhasil meraih juara harapan satu pada kategori
anak-anak putri, juara harapan dua kategori dewasa putra dan juara harapan tiga kategori remaja putra.

“Pada festival Lasqi ini kita mengikuti seluruh cabang lomba yang meliputi 10 kategori. `Alhamdulillah` kerja keras kita
kita membuahkan hasil sesuai harapan,” kata Afendie.

Di sisi lain pada pergelaran Lasqi yang diikuti 13 kabupaten dan satu kota ini, juara kedua diraih kafilah Kabupaten
Kabupaten Kotawaringin Barat, juara tiga diraih ka¡lah Kabupaten Lamandau.

Selanjutnya, kedatangan kafilah Kota Palangka Raya ini disambut langsung oleh Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia
dan Wakil Wali Kota, Mofit Saptono Subagio serta sejumlah pejabat di kota setempat.

Penyambutan kedatangan kafilah kebanggaan masyarakat Kota Palangka Raya ini di lakukan di Kantor Wali Kota
Palangka Raya pada Kamis (12/7) siang.

“Terima kasih atas kerjakerasnya dan selamat kepada kafilah kota berhasil membawa pulang piala dan predikat juara
umum untuk ketujuh kalinya. Kemenangan ini merupakan keberhasilan untuk masyarakat kita,” kata Wali Kota Palangka
Raya, Dr HM Riban Satia.

Dia pun berharap DPD Lasqi terus mempertahankan prestasi yang telah diraih. Selain itu juga terus meningkatkan
pembinaan kepada anggota kafilah.

Pewarta : Rendhik Andika
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Kalteng.antaranews.com, Kamis, 12 Juli 2018 15:52 WIB

 

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id