Selasa, 23 Oktober 2018

Ikrar Anak Bangsa Tumbuhkan Sikap Patriotisme

Diterbitkan tanggal 25 Oktober 2014

Nanga Bulik – Untuk menumbuhkan sikap patriotisme pada generasi muda, Pemerintah Kabupaten Lamandau mengirimkan para pemuda untuk mengikuti Ikrar Bersama Anak Bangsa yang akan diadakan di Puruk Cahu, Kebupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Ikrar bersama anak bangsa Kalimantan Tengah merupakan momen yang paling berharga untuk kembali menggugah semangat juang kaum muda bangsa. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandau Drs. Afirin LP. Umbing, M.A.P saat melepas rombongan, Jumat (24/10) di Aula Setda Lamandau.

“Pada 28 Oktober 2014 nanti kurang lebih 1000 orang pemuda akan melakukan Ikrar Bersama Anak Bangsa untuk tetap setia dan menjunjung tinggi Pancasila sebagai ideologi bangsa,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandau Drs. Afirin LP. Umbing, M.A.P

Lebih lanjut, Beliau juga menjelaskan bahwa Ikrar Bersama Anak Bangsa juga menjadi tolak ukur bagi pemerintah untuk kembali menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila secara berkelanjutan.

“Tujuan dari ikrar ini untuk lebih memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Ikrar bersama anak bangsa merupakan satu solusi dan diharapkan bisa membuka ruang bagi masyarakat untuk bersatu lebih kokoh demi menghambat terjadinya perpecahan bangsa indonesia,” ungkap Beliau.

Tanpa disadari semangat juang yang dipelopori oleh pemuda bangsa pada tanggal 28 oktober beberpa puluh tahun yang lalu mulai memudar dan nyaris hilang. Hal ini ditandai dengan maraknya tawuran antar pelajar, anarkhisme dan penyimpangan moral lainnya.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandau Drs. Afirin LP. Umbing, M.A.P juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Kalimantan Tengah karena telah mendeklarasikan Bumi Tambun Bungai sebagai Bumi Pancasila.

“Dengan adanya deklarasi ini kegiatan ikrar bersama anak bangsa menjadi program kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya oleh Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Beliau.

Dikesempatan yang sama, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Drs. Heru Priyono menjelaskan bahwa Ikrar bersama anak bangsa dilaksanakan di Puruk Cahu Kebupaten Murung Raya yang diikuti oleh pemuda yang berasal dari 14 Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Tengah.

“Dari Kabupeten Lamandau peserta sebanyak 70 orang, yang berasal dari pelajar tingkat SMA dan Mahasiswa,” kata Drs. Heru Priyono.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id