Rabu, 26 September 2018

Kecamatan di Lamandau Siap Laksanakan Paten

Diterbitkan tanggal 03 Desember 2014

Nanga Bulik – Guna mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Lamandau meresmikan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) yang berlangsung di Kecamatan Sematu Jaya, Selasa (2/12).

Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandau Drs. Arifin LP. Umbing, M.A.P mengatakan bahwa diresmikannya Paten ini untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan diresmikannya Paten di delapan kecamatan se-Kabupaten Lamandau, diharapkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat semakin cepat, lebih mudah dan transparan,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandau Drs. Arifin LP. Umbing, M.A.P.

Sejak peresmian ini, lanjut Beliau, Kabupaten Lamandau dinyatakan telah siap melaksanakan Paten. Kesiapan juga telah ditunjang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana yang diperlukan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Lamandau Drs. H. Sugiyarto, M.A.P mengatakan Paten adalah penyelenggaraan pelayanan publik di kecamatan dari tahap permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dalam satu tempat.

“Salah satu pelayanan yang bisa dilakukan oleh kecamatan sejak berlakunya paten ini adalah pengurusan ijin mendirikan bangunan dengan luas bangunan dibawah 150 meter persegi,” kata Wabup.

Untuk tahap awal pelaksanaan paten, akan dilaksanakan evaluasi minimal setiap enam bulan sekali. Hal ini untuk mengurangi ketidaksempurnaan dan untuk saling memberikan saran, masukan maupun koreksi guna perbaikan.

“Selain itu, saya juga mengingatkan kepada para camat, agar secara rutin melaksanakan survey kepuasan pelanggan untuk mengevaluasi keberhasilan pelayanan,” kata Drs. H. Sugiyarto, M.A.P.

Pada peresmian ini juga dilaksanakan penyerahan peraturan Bupati Lamandau tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat serta piagam peresmian paten kepada camat se-Kabupaten Lamandau yang akan ditempel pada masing-masing ruangan pelayanan Paten.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id