Rabu, 26 September 2018

Kesbangpol Gelar FKDM 2015

Diterbitkan tanggal 09 April 2015

Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mengadakan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tahun 2015, Rabu (8/4) kemarin di aula Bappeda Lamandau. Acara resmi dibuka oleh Asisten III Setda Lamandau Drs. Saptono, M.A.P.

Masyarakat, LSM/Ormas dan FKDM menjadi sasaran program kegiatan ini karena semua elemen tersebut merupakan mata rantai yang tidak dapat dipisahkan sebagai mitra pemerintah dalam perwujudan stabilitas kamtrantibnas yang kondusif di daerah.

“Kegiatan ini juga menjadi wahana interaksi dan komunikasi, silahturahmi dan dengar pendapat dalam rangka menyamakan persepsi dan gerak harmonis antara masyarakat, pemerintah dan LSM/Ormas,” kata Kepala Badan Kesbangpol Lamandau Drs. Heru Priyono.

Selain itu, lanjut Beliau, untuk meningkatkan kemandirian, kedewasaan dan membangun karakter bangsa dalam memelihara persatuan dan kesatuan bangsa melalui peningkatan kewaspadaan dan deteksi dini sebagai sikap dan tindakan antisipasi dan kesiapsiagaan terhadap permasalahan yang muncul dimasyarakat.

“Diharapkan peserta memiliki kemampuan dan kesadaran yang tinggi untuk berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kewaspadaan dan deteksi dini di masyarakat,” kata Drs. Heru Priyono.

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Lamandau Ir. marukan yang diwakili oleh Asisten III Setda Lamandau Drs. Saptono, M.A.P mengatakan bahwa untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban masyarakat perlu dilakukan upaya-upaya kewaspadaan dini oleh masyarakat.

“FKDM merupakan upaya awal dalam mengantisipasi terjadinya kerawanan yang dapat menciptakan gangguan kamtibmas. Peranan FKDM sangat diperlukan untuk menjalin, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data atau informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan,” kata Drs. Saptono, M.A.P.

Narasumber dalam Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat terdiri dari FKDM Provinsi Kalteng yang mengambil topik peran FKDM dalam menjaga stabilitas Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Polres Lamandau dan Kodim 1014-05 Pangkalan Bun.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id