Selasa, 13 November 2018

KPK ingatkan pejabat di Lamandau segera laporkan harta kekayaan

Diterbitkan tanggal 10 September 2018

Nanga Bulik – Lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi mengingatkan seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah, segera melaporkan harta kekayaan untuk tahun 2017.

Harta kekayaan untuk tahun 2017 dilaporkan pada tahun 2018 dan sekarang ini sudah mendekati akhir tahun, kata spesialis pendaftaran dan pemeriksaan LHKPN KPK Amalia Rosanti, saat menjadi narasumber di sosialisasi bimbingan teknis tata cara Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2018 menggunakan aplikasi elektronik atau e-LHKPN, di Nanga Bulik, Jumat.

“Jadi pejabat eksekutif, legislatif, yudikatif, BUMN, BUMD, seperti tertuang dalam undang-undang nomor 28 tahun 1999 terkait siapa saja pejabat yang wajib menyampaikan LHKPN, harus mulai mengisikan lagi untuk tahun pelaporan tahun 2018,” ucapnya.

Dia juga mengingatkan bahwa Bimtek yang dilaksanakan Pemkab Lamandau sangat penting. Sebab, melalui kegiatan ini disosialisasikan tata cara pendaftaran dan pemeriksaan LHKPN yang tidak lagi mengacu pada KEP KPK nomor 07 tahun 2005.

“KPK sejak tahun 2016 sudah mengeluarkan peraturan terbaru, yakni nomor 7 tahun 2016, mengenai perubahan tata cara pelaporan LHKPN. Aturan itu mencantumkan bahwa pelaporan LHKPN sudah dengan menggunakan sistem online atau E-LHKPN,” kata Amalia.

Sementara itu, Asisten III kantor Setda Lamandau Albert Jackat mengatakan, Bimtek yang dilaksanakan ini merupakan upaya melatih pejabat yang ada di lingkungan Pemkab Lamandau dalam melaporkan semua harta kekayaannya menggunakan E-LHKPN.

Dia mengatakan, apalagi selama ini sudah ada Peraturan Bupati (Perbub) yang mewajibkan semua pejabat di pemerintahan mulai dari eselon III sampai dengan II untuk melaporkan LHKPN dengan sejujur-jujurnya dan tepat waktu.

“Itu lah alasan kami dalam bimtek ini menghadirkan langsung tim spesialis pendaftaran dan pemeriksaan KPK RI. Kegiatan ini juga diikuti para pejabat lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Lamandau,” kata Albert.

Sumber : Antarakalteng, Pewarta : Fuad Siddiq , Editor: Admin 3 , COPYRIGHT © ANTARA 2018,

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id