Minggu, 21 Oktober 2018

Menthobi Raya Juara Pertama Lomba Cipta Menu B2SA

Diterbitkan tanggal 06 Agustus 2016

Nanga Bulik – Kecamatan Menthobi Raya meraih juara pertama dalam lomba cipta menu makanan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang diselenggarakan oleh Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Kabupaten Lamandau.

Lomba yang diselenggarakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten hingga nasonal ini digelar sebagai upaya untuk memasyarakatkan menu B2SA.

“Sebelum mengikuti lomba ini, kami bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Lamandau telah mensosialisasikan menu B2SA. Karena itu, para peserta lomba sudah mendapat ilmu yang lengkap apa itu menu B2SA dan bagaimana cara mengaplikasikannya untuk makanan sehari-hari”, kata Sekretaris BPPKP Lamandau, Yustina Sri Wahyuni.

Beliau mengatakan bahwa kriteria penilaian dalam lomba ini diantaranya kesesuaian resep, modifikasi pangan lokal, kreativitas, cita rasa dan penampilan.

Dalam lomba tersebut, juara pertama diraih oleh Kecamatan Menthobi Raya, juara kedua diraih Kecamatan Sematu Jaya, dan juara ketiga diraih oleh Kecamatan Bulik. Sedangkan untuk juara harapan I diraih Kecamatan Lamandau, harapan II Kecamatan Belantikan Raya dan harapan III Kecamatan Bulik Timur.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Lamandau, Maria Neva Marukan mengatakan bahwa para peserta kali ini sudah lebih memahami menu B2SA dan dapat dilihat dari hasil masakan yang ditampilkan.

“Mereka sudah bisa memodifikasi atau mengembangkan resep serta menyeimbangkan tata warna serta bentuk. Dibandingkan tahun lalu, tahun ini sudah terlihat perubahannya”, kata Maria Neva Marukan.

Beliau menambahkan untuk menyesuaikan standar dan bisa bersaing di tingkat provinsi dan nasional kemampuan paserta lomba harus terus dikembangkan lagi.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id