Selasa, 23 Oktober 2018

Miliki Potensi, Delang Jadi Kecamatan Tujuan Wisata Budaya dan Alam

Diterbitkan tanggal 23 April 2015

Nanga Bulik – Potensi budaya dan panorama alam yang indah di Kecamatan Delang tidak diragukan lagi. Karena itulah, Rabu (22/4) kemarin, Bupati Lamandau Ir. Marukan, M.A.P meresmikan Kecamatan Delang sebagai tujuan wisata alam dan wisata budaya.

“Secara potensial, Kecamatan Delang wajar untuk ditetapkan sebagai tempat tujuan wisata dilihat dari adat dan budayanya yang masih kental, dan potensi sumber daya alamnya yang luar biasa,” kata Bupati Lamandau Ir. Marukan, M.A.P

Penetapan tersebut dilandasi oleh Keputusan Bupati Lamandau Nomor 188.45/153/III/HUK/2015 tentang penetapan Kecamatan Delang sebagai tujuan wisata budaya dan wisata alam. Selain itu diperkuat oleh surat pernyataan sikap dari kades/lurah, demang, dan tokoh masyarakat mendukung.

“Dengan penetapan ini mudah-mudahan dapat memacu perhatian seluruh warga masyarakat Kecamatan Delang, Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, dan juga Kabupaten untuk lebih fokus untuk membangun Kecamatan Delang sebagai kota wisata,” kata Ir. Marukan, M.A.P.

Bupati mengajak semua pihak untuk bersatu padu membuat Kecamatan Delang ini layak menjadi tempat tujuan wisata, karena hal tersebut akan memberikan keuntungan bagi masyarakat Delang.

“Apabila nama Delang terkenal maka akan mengangkat nama baik Kabupaten Lamandau. Manfaat itu tidak bersifat sementara tetapi bersifat kekal,” kata Bupati Lamandau Ir. Marukan, M.A.P.

Sementara itu, di Kecamatan Delang akan dibangun sentra kerajinan khas Lamandau di Desa Kubung dan Desa Sekombulan. Kerajinan dari kulit kapuak di Desa Landau Kantu dan juga akan dibangun pusat kuliner di Kudangan serta minuman tradisional di Desa Penyombaan.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id