Minggu, 21 Oktober 2018

Musrenbang semua desa di Lamandau sesuai jadwal

Diterbitkan tanggal 20 Februari 2018

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamandau, Kalteng, Muriadi mengapresiasi pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan tahun 2018 di semua desa selesai sesuai jadwal yang ditentukan.

Musrenbang tingkat desa dijadwalkan harus selesai paling lambat akhir Januari 2018 karena tanggal 7 sampai 22 Februari 2018 akan dilanjutkan di tingkat Kecamatan se-Kabupaten Lamandau, kata Muriadi di Nanga Bulik, Selasa.

“Kita memang menekankan musrenbang tingkat desa harus selesai tepat waktu. Itu diperlukan karena program pembangunan prioritas di tingkat desa akan dibawa serta dibahas di Musrenbang tingkat Kecamatan,” tambahnya.

Pelaksanaan musrenbangdes bukan sekedar formalitas, melainkan bertujuan mematangkan perencanaan program pembangunan yang akan dilaksanakan pemerintahan desa dengan Pemerintah Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah serta Pusat.

Muriadi mengakui bahwa pihaknya tidak mendampingi semua desa di Lamandau dalam melaksanakan Musrenbang karena keterbatasan personil. Hanya, pihak Kecamatan telah diminta untuk aktif mendampingi desa melaksanakan musrenbang.

“Kita hanya mampu melakukan pendampingan antara dua sampai tiga desa di tiap Kecamatan. Tapi, untuk semua desa kita pastikan ada pendampingan dari pemerintah kecamatan,” bebernya.

Kepala DPMD Kabupaten Lamandau ini pun berpesan kepada masyarakat di seluruh desa agar tidak berkecil hati apabila ada usulan program saat musrenbang yang tidak akan dikerjakan pada tahun 2019.

Dia mengatakan keterbatasan anggaran membuat Pemerintah Kabupaten perlu melihat mana yang menjadi prioritas untuk dikerjakan dan berdampak langsung terhadap masyarakat.

“Kalau anggaran banyak, tentu semua program yang diusulkan masyarakat akan langsung dikerjakan. Tapi kan kondisi anggaran tidak mampu merealisasikan seluruhnya. Jadi, mohon pemahaman masyarakat,” demikian Muriadi.
Sumber : Antarakalteng

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id