Rabu, 20 Juni 2018

Pasar Purwareja Ikut Lomba Pasar Desa Tingkat Provinsi

Diterbitkan tanggal 13 Maret 2015

Nanga Bulik – Tim Penilai Lomba Pasar Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (12/3) kemarin mengunjungi pasar Desa Purwareja, Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau.

“Lomba ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan dorongan bagi pengelola pasar desa tentang bagaimana mengelola pasar dengan baik dan benar,” ungkap Ketua Tim Penilai Sri Harini Margaretha saat ditemui disela kunjungan.

Selain itu, lanjut Beliau, lomba ini juga memberikan motivasi kepada masyarakat agar tidak belanja kepasar lain sehingga masyarakat bisa memasarkan hasil pertanian, keterampilan, produk UMKM. Terakhir, membangun sirkulasi perekonomian di desa ini.

“Penilaian lomba pasar desa ini yang paling utama adalah sertifikat tanah harus milik desa karena jika ada pembangunan lanjutan maka desa yang akan rugi apabila tanah masih milik perorangan,” kata Sri Harini Margaretha.

Pendapatan pasar desa harus bisa memberikan kontribusi dan menyumbang pemasukan untuk kas desa, ujar Beliau.

Dalam kunjungan ini, Tim Penilai meninjau sejumlah lapak sembako, kebersihan lingkungan pasar, toilet, lapak sayur dan ikan basah serta parkiran.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Lamandau Dra. Hj. Endang Rustiningsih, M.A.P mengatakan bahwa Pasar desa Purwareja memenuhi semua kriteria penilaian.

“Saya yakin pasar desa Purwareja dapat menjadi yang terbaik di Kalimantan Tengah dan saya juga berharap semoga juga bisa menjadi juara nasional,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Lamandau Dra. Hj. Endang Rustiningsih, M.A.P.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id