Rabu, 20 Juni 2018

Pemkab Lamandau Gelar Sosialisasi Peningkatan Kesejahteraan Penyandang Disabilitas

Diterbitkan tanggal 23 Mei 2017

Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau menggelar sosialisasi peningkatan kesejahteraan penyandang disabilitas, Senin (22/5/2017) kemarin di Kecamatan Delang.
Tujuan dari kegiatan yang diikuti sebanyak 50 penyandang disabilitas ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan bagi mereka (Penyandang Disabilitas), baik melalui pemenuhan kebutuhan dasar seperti sembako dan bantuan alat bantu, serta ada bedah kamar.
“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau selalu mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan dari Kementerian Sosial maupun Dinas Sosial Kalteng, agar tercipta pemerataan dalam penyaluran bantuan. Salah satunya adalah kegiatan sosialisasi untuk peningkatan kesejahteraan penyandang disabilitas ini”, kata Kepala Dinas Sosial Lamandau, Dra. Hj. Endang Rustiningsih, M.A.P.
Beliau menjelaskan bahwa pemerintah sudah sejak lama memiliki landasan yang mengatur tentang kesejahteraan dan kesetaraan bagi penyandang disabilitas. Oleh karena itu, ada sejumlah pelayanan sosial bagi penyandang disabilitas, meliputi pelayanan sosial bagi penyandang disabilitas ringan dan sedang, pemberian alat-alat bantuan seperti tongkat dan kursi roda, hingga paket bantuan kebutuhan dasar.
“Penyandang disabilitas sendiri merupakan salah satu jenis Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). PMKS adalah seseorang atau keluarga yang karena suatu hambatan, kesulitan atau gangguan tidak dapat melakukan fungsi sosialnya”, kata  Dra. Hj. Endang Rustiningsih, M.A.P.
Sumber: Protokol dan Komunikasi Publik Setda Lamandau
Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id