Selasa, 13 November 2018

Pemkab Lamandau Ikut Promosikan Welcoming Wonderful Sail To Kumai

Diterbitkan tanggal 10 Oktober 2018

Nanga Bulik – Pemkab Lamandau melalui Dinas Pariwisata (Dispar) tidak melewatkan kesempatan untuk mempromosikan kebudayaan lokal pada acara penyambutan Wisatawan Mancanegara (Wisman) peserta Wonderful Sail to Kumai, Senin (8/10/2018).

Partisipasi Dispar Lamandau ditunjukkan dengan penampilan dua sanggar seni tari binaan Dispar yang ikut tampil menyambut wisman yang datang dari berbagai negara tersebut. Baik penyambutan yang digelar di Rumah Adat Pasir Panjang maupun acara yang dipusatkan di Istana Kuning, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Kobar).

“Kita bersyukur bahwa Lamandau secara resmi diundang dan dilibatkan menampilkan persembahan pada acara tersebut (Wonderful Sail to Kumai). Ajang tersebut tentu saja menjadi sarana promosi bagi kita (Pemkab Lamandau) dalam mengenalkan seni dan tradisi yang kita miliki ke khalayak,” ungkap Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lamandau, Frans Evendi, Selasa (9/10/2018).

Frans menyebut, pada acara itu ada dua tim sanggar seni binaan Dispar Lamandau yang berkesempatan tampil menghibur para wisman, yakni pementasan seni tari dari Sanggar Tari Sebayan Tujuh dan Sanggar Seni Tari Dara Ruwai.

Sementara itu, Bupati Lamandau H Hendra Lesmana yang berkesempatan hadir mendukung perwakilan Lamandau pada acara yang digelar Senin (8/10/2018) malam itu, menyampaikan bahwa upaya promosi seperti ini sangat penting terus dilakukan. Apalagi, kata dia, baik pihak pemkab Kobar dan juga Lamandau bisa saling berkolaborasi dalam mempromosikan potensi pariwisata masing-masing.

“Misalnya, Kobar dengan kekuatan destinasi Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) menjadi primadona kunjungan wisatawan, sedangkan Lamandau dengan kekhasan baik dari sisi ekobudaya maupun ekowisatanya yang khas dan alami menjadi kekuatannya,” bebernya.

Hendra Lesmana juga mengaku sangat kagum dengan penampilan perwakilan Dispar Lamandau yang pantas, terlebih pertunjukan seni tari yang disuguhkan mendapat apresiasi luar biasa dari wisman dan juga tamu undangan yang hadir, baik yang berpusat di Pasir Panjang maupun di Istana Kuning, Pangakalan Bun.

Diketahui, Wonderful Sail to Kumai sendiri merupakan salahsatu rangkaian kegiatan dari Wonderful Sail to Indonesia yang diikuti oleh ratusan wisatawan mancanegara yang datang dari berbagia negara baik Eropa maupun Amerika. Mereka ke Kobar dengan kapal-kapal pesiar dan direncanakan akan berkunjung selama tiga hari.

Sumber : Borneonews, Oleh Hendi Nurfalah, 09 Oktober 2018 – 18:30 WIB

 

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id