Selasa, 23 Oktober 2018

Pemkab Lamandau Terima Bantuan Pembangunan PLTBg Dari Kementerian ESDM

Diterbitkan tanggal 22 Oktober 2016

Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau mendapatkan bantuan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Lamandau, Dra. Tuti Darianty saat rapat pengelolaan PLTBg di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau, Kamis (20/10) kemarin.

“Dengan adanya bantuan/hibah dari pemerintah pusat untuk pembangunan PLTBg ini diharapkan bisa menjadi solusi atas kekurangan daya listrik di Kabupaten Lamandau selama ini”, kata Kepala Distamben Lamandau, Dra. Tuti Darianty.

Beliau menjelaskan untuk pengelolaan PLTBg ini nantinya akan diserahkan kepada Perusahaan Daerah (Perusda) Bajurung Raya yang bekerjasama dengan PLN, sesuai Permen ESDM nomor 27/2014.

“PLTBg ini pengelolaannya bisa menggunakan sistem Independent Power Producer (IPP) dan juga Excess Power. Untuk sistem pengelolaan yang akan kita gunakan masih menunggu keputusan bapak Bupati”, kata Dra. Tuti Darianty.

Beliau mengatakan PLTBg yang dibangun disalah satu PKS milik perusahaan besar swasta (PBS) di Lamandau akan menghasilkan daya sekitar 1 megawatt (MW) dan nantinya PLTBg akan menggunakan sumber bahan baku limbah cair dari Pabrik kelapa sawit.

“Daya dari PLTBg akan dikoneksikan dengan PLTD yang ada di Desa Kujan. Sehingga dengan adanya penambahan daya diharapkan mampu memenuhi kebutuhan daya yang selama ini masih kurang”, kata Dra. Tuti Darianty.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id