Selasa, 23 Oktober 2018

Puluhan Bidan Ikuti Muscab dan Sumpah Profesi

Diterbitkan tanggal 10 April 2015

Nanga Bulik – Puluhan bidan yang tergabung dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Lamandau mengikuti Musyawarah Cabang II dan Sumpah Profesi tahun 2015, Kamis (9/4) di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Lamandau.

IBI yang merupakan organisasi profesional diharapkan mampu berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan kesehatan masyarakat Kabupaten Lamandau, khususnya kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana (KB) dan kesehatan reproduksi.

“Forum ini diharapkan bisa memilih pengurus yang mampu mnengayomi dan menggerakan orgasisasi IBI ini dalam rangka berkiprah membangun Kabupaten Lamandau melalui bidang kesehatan, “ kata Wakil Bupati Lamandau Drs. H. Sugiyarto, M.A.P.

Peran dan partisipasi IBI telah banyak membantu pemerintah dalam menjalankan program-program bidang kesehatan yang bersentuhan langsung dengan kesehatan masyarakat terutama bidang kebidanan.

Selanjutnya, kepada para bidan yang diambil sumpah, Wabup berharap untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas dan menjunjung tinggi nama bidan, serta dapat bekerja lebih profesional, inovatif dan kreatif dalam memberikan pelayanan.

“Dengan dilakukannya sumpah profesi tentunya Pemda berharap sumpah itulah yang harus dilaksanakan, menolong dengan sukarela, menjaga profesi, menjaga kerahasiaan tugas, menolong tanpa pamprih dan senantiasa berada di lapangan agar setiap saat bisa membantu,” kata Drs. H. Sugiyarto, M.A.P.

Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Lamandau, peran bidan membantu memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat itu tidak kalah pentingnya. Sehingga masyarakat tidak kaku menerima pembaharuan di bidang kesehatan, tambah beliau.

Sementara itu, Ketua Panitia Ari Martina, S.ST, Keb saat memberikan laporan mengatakan secara umum tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan citra IBI melalui konsolidasi organisasi.

“Sedangkan tujuan khususnya dengan diadakannya muscab ini akan terlaksana penyajian pembahasan dan evaluasi atas laporan pertanggungjawaban pengurus cabang, terlaksananya penyebarluasan hasil musda VI IBI 2014 serta tersusunnya program kerja IBI tingkat kabupaten,” kata beliau.

Peserta dalam Muscab II dan Sumpah Profesi ini terdiri dari dua orang pengurus daerah, 11 orang pengurus cabang massa bhakti 2013-2018 dan 135 orang anggota IBI Kabupaten Lamandau, sedangkan narasumber terdiri dari pengurus daerah IBI Provinsi Kalimantan Tengah dan dokter kandungan dr. Zakiah.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id