Rabu, 20 Juni 2018

Tiga Desa di Kecamatan Belantikan Raya Terima Bantuan PLTS

Diterbitkan tanggal 07 November 2016

Nanga Bulik – Tahun ini (2016) tiga desa di Kecamatan Belantikan Raya, yang terdiri dari Desa Kahingai, Desa Petarikan dan Desa Sungai Buluh akan menerima program bantuan Pembangkit listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk penerangan.

Camat Belantikan Raya, Aprimeno Sabdey mengatakan sumber dana untuk pembangunan PLTS di tiga desa tersebut berasal dari APBD dan APBN. Untuk Desa Kahingai dan Desa Petarikan dari APBD, sedangkan Desa Sungai Buluh dari APBN.

“PLTS di tiga desa dalam keadaan cukup baik dan telah selesai dikerjakan. Semua dapat beroperasi dengan baik dan semua rumah dapat dialiri oleh PLTS terpusat ini, namun belum bisa menyala 24 jam”, kata Aprimeno Sabdey belum lama ini usai meninjau ke tiga desa yang menerima bantuan PLTS.

Beliau mengatakan dengan adanya program ini masyarakat merasa sangat senang karena mereka tidak lagi dalam kegelapan di malam hari dan anak-anak dapat belajar dengan nyaman. “Saya berharap dalam pengelolaannya bisa tertata dengan baik. Setelah diserahterimakan, maka pengelolaan, penyaluran dan operasionalnya diserahkan sepenuhnya kepada warga. Karena itu perlu dimusyawarahkan mengenai tarif yang akan dikenakan”, kata Aprimeno Sabdey. Beliau juga menyarankan, sebaiknya pengelolaan nantinya dapat diserahkan ke BUMDes, sehingga bisa dikelola dengan baik dan maksimal serta bisa memberikan keuntungan usaha bagi BUMDes demi kesejahteraan masyarakat.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id