Kamis, 21 Juni 2018

TP PKK Lamandau Gelar Panen Jagung Putih

Diterbitkan tanggal 01 Juni 2017

Nanga Bulik- Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP – PKK) Kabupaten Lamandau menggelar panen jagung putih hibrida di kebun PKK Belakang Rumah Jabatan Bupati Lamandau, Kamis (1/6/2017).
Penanaman jagung tersebut merupakan program pokja 3 yaitu program ketahanan pangan untuk memberi contoh kepada masyarakat bahwa sebagai seorang ibu harus bisa memanfaatkan pekarangan dengan menanam berbagai jenis tanaman pangan, sehingga kebutuhan gizi keluarga dapat terpenuhi dari pekarangan sendiri.
“Saat ini kami mencoba menanam jagung putih hibrida atau yang disebut jagung pulut yang rasanya seperti pulut atau ketan. Hasilnya lumayan bagus dan cocok dikembangkan di daerah sendiri”, kata Ketua TP-PKK Kabupaten Lamandau, Maria Neva Marukan.
Beliau menjelaskan bahwa keunggulan dari jagung putih ini adalah bisa dijadikan pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya seimbang dengan kadar gula rendah.
“Jagung ini cocok untuk makanan sehat terutama  bagi penderita diabetes. Kadar gulanya lebih rendah dari jagung manis dan nasi. Untuk rasanya lebih kenyal seperti ketan”, kata Maria Neva Marukan.
Beliau berharap jagung putih ini dapat dikembangkan lebih luas, sehingga jagung putih bisa menjadi sumber bahan pangan alternatif bagi masyarakat. Selain itu, juga diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat.
Sumber: Protokol dan Komunikasi Publik Setda Lamandau
Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id