Jumat, 17 Agustus 2018

TP PKK Lamandau Sosialisasikan Menu B2SA

Diterbitkan tanggal 05 Agustus 2016

Nanga Bulik – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lamandau mengelar sosialisasi menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), Kamis (4/8) kemarin di Aula Inspektorat.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Lamandau, Maria Neva Marukan mengatakan sosialisasi B2SA ini penting dilaksanakan karena masih terbatasnya pengetahuan tentang apa itu menu B2SA, bagaimana penerapannya dan apa manfaatnya bagi keluarga.

“Paradigma lama menu makan sehat itu yang penting memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Kita tidak mengetahui takarannya yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sedangkan makanan yang memenuhi ketentuan B2SA ini jumlah (takaran) ideal, sudah disesuaikan dengan usia, pekerjaan dan jenis kelamin”, kata Maria Neva Marukan.

Susunan makanan menu B2SA terdiri dari aneka ragam bahan makan (diutamakan pangan lokal yang mudah didapat) sebagai sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang bila dikonsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan serta tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan.

“Agar mudah diterima masyarakat, maka menu B2SA juga harus enak, menarik, mudah diolah dan berdaya jual”, kata Maria Neva Marukan.

Sementara itu, Ketua Pokja III TP PKK Kabupaten Lamandau, Larensy Ray Paskan mengatakan bahwa dalam sosialisasi tersebut mendatangkan narasumber langsung dari Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai pakar gizi dan penggagas B2SA yaitu Dr. Ir. Yayuk.

“Diharapkan melalui sosialisasi ini peserta dapat memahami tentang menu B2SA secara menyeluruh dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya bersifat normatif ketika akan dilaksanakannya perlombaan saja”, kata Larensy Ray Paskan.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id