Rabu, 24 Oktober 2018

Triwulan III Belum Capai Target

Diterbitkan tanggal 14 Oktober 2014

Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten Lamandau menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Triwulan III Tahun Anggaran 2014 di Aula Bappeda, Selasa (7/10). Rapat ini dipimpin langsung Bupati Lamandau.

“Rakordal ini akan menentukan pelaksanaan anggaran tahun 2014 secara keseluruhan. Kita bertekad untuk mempercepat pelaksanaan anggaran dengan tetap memperhatikan kualitas agar tidak tertumpuk di akhir tahun anggaran,” kata Bupati Lamandau Ir. Marukan.

Hal ini akan berdampak signifikan terhadap perluasan kesempatan kerja, penurunan angka kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi daerah. Melalui Rakordal Triwulan III tahun 2014 ini kita dapat melihat sejauh mana pencapaian pelaksanaan rencana pembangunan pada triwulan III dan bagaimana upaya-upaya yang telah dilaksanakan dapat berjalan efektif untuk meningkatkan penyerapan anggaran sampai dengan triwulan IV tahun anggaran 2014 ini baik yang bersumber dari APBN maupun APBD.

“Rakordal Triwulan III (Juli-September) dari target capaian serapan anggaran 85% terealisasi sebesar 52,31% dengan fisik 66,59%,” kata Bupati Lamandau Ir. Marukan.

Diharapakan di Triwulan IV paling lambat akhir Nopember nanti kita dapat menyelesaikan semua pekerjaan, karena hal ini ada hubungan yang signifikan antara serapan anggaran dengan hasil kemajuan fisik pekerjaan yang dilaksanakan.

Rakordal sendiri merupakan pelaksanaan dari amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional (SPPN),yang mengamanatkan bahwa salah satu tahapannya adalah pengendalian pelaksanaan rencana pembangunan.

“Untuk melaksanakan pengendalian, saya minta kepala SKPD untuk memantau dan mengendalikan berbagai program/kegiatan strategis yang telah atau sedang dilaksanakan,” kata Bupati Lamandau Ir. Marukan.

Ini dimaksudkan untuk dapat memanfaatkan semua sumber daya yang ada bagi pembangunan Kabupaten Lamandau, sekaligus sebagai komitmen bersama untuk bersungguh-sungguh dan konsisten dalam bekerja.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandau Drs. Arifin LP. Umbing, M.A.P mengatakan bahwa Rakordal ini dilaksanakan untuk memonitor, memantau serta mengevaluasi program dan kegiatan tahun 2014 sampai dengan triwullan III.

“Kita dapat mengetahui secara langsung realisasi baik fisik maupun keuangan dari masing-masing SKPD dan intansi vertikal yang ada di Kabupaten Lamandau,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandau Drs. Arifin LP. Umbing, M.A.P dalam laporannya.

Selain itu juga untuk menginventarisir permasalahan, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program dan kegiatan di triwulan III untuk percepatan pelaksanaan di Triwulan IV.

(Sumber: Humas Kab. Lamandau)

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id