Sabtu, 18 Agustus 2018

Wujudkan Swasembada Pangan, Lamandau Terima Bantuan Mesin Pertanian Dari Kementan RI

Diterbitkan tanggal 09 November 2015

Nanga Bulik – Guna mewujudkan swasembada pangan, H. Hamdani,S.I.P anggota komisi IV DPR RI menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian yang berasal dari APBN-P 2015 Kementerian Pertanian (Kementan) RI dan tugas pembantu Ditjen PSP Satker Distanak Provinsi Kalimantan Tengah yang dilakukan Pemkab Lamandau kepada Kelompok Tani.

Bantuan tersebut berupa 7 unit traktor roda dua, 7 unit mesin pompa air, 1 unit traktor roda empat dan 2 unit transplanter (alat tanam padi). Sedangkan Ditjen PSP Satker Distanak Kalteng memberi bantuan berupa 5 unit mesin panen, 2 unit mesin perontok padi dan 5 unit traktor roda dua.

“Kami sangat menyambut baik bantuan ini karena sangat bermanfaat membantu para kelompok tani yang ada di Kabupaten Lamandau,” kata Bupati Lamandau yang diwakili oleh Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau, Ir. Mahruni.

Untuk kedepan, selain mendapat bantuan alat dan mesin pertanian Beliau berharap para petani juga diberikan pelatihan dan bimbingan.

“Masyarakat masih banyak yang bertani secara tradisional, khususnya bagi mereka yang ada dipedalaman. Mereka belum mengenal alat pertanian yang modern karena itu perlu adanya pendampingan dan pengarahan supaya mereka bisa merawat alat-alat yang diberikan dengan baik,” kata Ir. Mahruni.

Sementara itu, H. Hamdani,S.I.P anggota komisi IV DPR RI, Beliau mengatakan pihaknya telah berupaya mengusulkan ke Kementan RI untuk penambahan penyuluh pertanian. Minimal satu desa satu penyuluh.

“Untuk mewujudkan swasembada pangan harus ada sinergitas antara petani, penyuluh pemerintah dan didukung dengan teknologi pertanian yang modern sesuai dengan kebutuhan,” kata H. Hamdani,S.I.P.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id