Jumat, 17 Agustus 2018

Yogyakarta-Lamandau Jajaki Kerjasama Bidang Transmigrasi

Diterbitkan tanggal 29 Juli 2017

Nanga Bulik – Jajaran Pemerintah provinsi Daaerah Istimewa Yogyakarta melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah dalam rangka penjajakan kerjasama antar daerah pada progaram Transmigrasi.

“Sebagaimana yang telah kami sampaikan dengan Pemkab Lamandau, bahwa tujuan kunjungan kami ke Kabupaten ini adalah untuk melakukan penjajakan kerjasama antar daerah dalam bidang program Transmigrasi,” kata Pj. Sekda DIY,  Drs. Sulistiyo di Nanga Bulik, Sabtu.

Dia menambahakan, program transmigrasi ini merupakan program unggulan yang memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pembangunan Nasional.

Program ini nantinya di harapkan adanya pemerataan pembangunan, penciptaan lapangan pekerjaan, serta perbaikan kehidupan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan keluarga, tambah Sulistiyo.

Sementara itu, Bupati Lamandau Marukan mengaku menyambut baik maksud dan tujuan yang di sampaikan Pj Sekda Provinsi Yogyakarta. Dia berharap adanya program penjajakan transmigrasi ini, Kabupaten Lamandau kedepannya akan lebih maju lagi dan tingkat kesejahteraan penduduknya semakin meningkat.

Bupati dua periode ini mengatakan Kabupaten Lamandau yang baru dimekarkan 15 tahun silam ini memiliki wilayah sangat luas, sekarang program transmigrasi dari provinsi lain memungkinkan untuk diselenggarakan.

“Sebelum dimekarkan menjadi Kabupaten, masyarakat Lamandau juga sudah terbiasa dan terbuka dengan adanya transmigrasi dari Pulau Jawa. Masyarakat Lamandau bukan hanya terbuka, tapi juga sangat komunikatif dan bersahabat dengan masyarakat yang bertransmigrasi,” katanya.

Marukan yang pernah menjadi Dosen di Universitas Palangka Raya ini mengatakan bahwa program transmigrasi pada dasarnya sangat baik bagi perkembangan suatu daerah. Hanya, program transmigrasi tersebut tentunya perlu mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat dalam hal pemberdayaan dan pembangunan infrastruktur

“Kita di Pemkab Lamandau memang selalu mengoptimalkan dana yang ada dalam membangun. Tapi, kurang optimal karena luas wilayah kurang sebanding dengan besaran anggaran. Kalau ada program transmigrasi, tentunya memerlukan bantuan Pemerintah  Provinsi  maupun Pusat,” demikian Marukan.

Dalam rangka kunjungan kerja rombongan Pj. Sekda DIY Drs. Sulistiyo juga hadir Bupati Kabupaten Sleman Sri Purnomo, Wakil Bupati Kabupaten Kulon Progo Drs. Sutedjo, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Asisten III Kabupaten Sleman, Asisten III Kabupaten Bantul, yang disambut langsung oleh Bupati Lamandau, Ketua DPRD, Kapolres Lamandau, yang mewakili Kajari Lamandau, dan pejabat lainnya di Rumah Jabatan Bupati Lamandau dengan acara adat Potong Pantan,

Setelah acara penyambutan dan makan siang selesai, tamu beserta rombongan yang di dampingi langsung oleh Bupati Lamandau langsung meluncur ke Kecamatan Sematu Jaya Desa Purwareja, yang mana desa tersebut memang banyak warga transmigrasi dari DIY

Sumber : Antarakalteng

Share
© 2018 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id