Selasa, 19 Oktober 2021

Apel Kesiapan Pengamanan Libur Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H dan Cuti Bersama serta Antisipasi Kontijensi Bencana Alam.

Diterbitkan tanggal 02 November 2020

Pengamanan saat Libur Panjang, Polres Lamandau Laksanakan Apel Gelar Pasukan Kesiapan Personel dan Penggelaran Sarana Prasarana (Sarpras) Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Libur Panjang Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Di Kabupaten Lamandau. Rabu (28/10)

Apel Gelar ini di laksanakan serentak diseluruh jajaran Kepolisian Daerah Kalteng, sebagai salah satu bentuk kesiapan TNI Polri dan Stake Holder lainnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat yang akan melaksanakan libur panjang dan cuti bersama serta siaga bencana di Daerah.

Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto, S.STP selaku Pimpinan Apel membacakan amanat tertulis Kapolda Kalteng, terdapat beberapa hal yang disampaikan dalam pelaksanaan apel kesiapsiagaan dan Sarpras ini adalah dalam rangka menghadapi Dua Agenda Pengamanan yang dilaksanakan di Provinsi Kalteng.

yang pertama adanya Surat Keputusan bersama tiga Mentri yang menetapkan libur dan cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad.S.A.W yang dilakanakan mulai tanggal 28 Oktober 2020 sampai dengan 1 November 2020, dalam momen libur panjang ini TNI-Polri sebagai garda terdepan dengan mekanisme pengendalian Covid-19 harus melibatkan segenap Potensi masyarakat sehingga tidak terjadi Klaster penyebaran baru setelah masa liburan panjang.

Selanjutnya yang kedua adalah kesiapsiagaan menghadapi bencana alam dengan terjadinya fenomena meningkatnya curah hujan dibulan Oktober hingga puncaknya pada bulan November, yang dapat memicu bencana Banjir, tanah longsor dan angin kencang selanjutnya dampak sosialnya dirasakan langsung oleh masyarakat dan terganggunya perekonomian.

Maka perlu diambil langkah-langkah penanggulangan antisipasi penanggulangan secara nyata dalam bentuk kesiapan Personil dan Sarpras yang akan digunakan dalam penanggulangan Bencana, secara sinergis antara TNI-Polri serta seluruh Stake Holder maupun potensi masyarakat lainnya, dimana Leading Sektornya adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah tingkat Provinsi dan Kabupaten, yang siap sedia sewaktu-waktu digerakkan kapan saja di butuhkan.

Wabup menambahkan, selama masa tersebut diprediksi adanya peningkatan aktivitas masyarakat. Dari mulai mudik ke kampung halaman, mengunjungi obyek wisata, pusat perbelanjaan dan kuliner, serta kegiatan keagamaan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW
Menurutnya, potensi kerawanan yang muncul akibat meningkatnya aktivitas masyarakat di masa pandemi seperti sekarang ialah munculnya klaster baru penyebaran Covid-19.

Apel ini dihadiri Dandim 1017/Lmd, Wakapolres Lamandau, para Kabag, para Kasat, Kapolsek beserta jajaran, yang juga dikuti peserta dari personel gabungan dari TNI, POLRI, Dinas Perhubungan, BPBD, Satpol PP, Tagana, Tim Medis.

#lamandaubergerakcepat
#lamandaujuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id