Jumat, 22 Oktober 2021

Bupati beserta Forkopimda Pantau Ritual Tula’ Bala di Tapin Bini.

Diterbitkan tanggal 07 Juli 2021

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Setelah proses ritual adat di Mess Desa, Bupati bergegas untuk mengikuti ritual adat tula’ bala di Tapin Bini, Kec. Lamandau (7/7). Bertempat di rumah Ketua DAD Kec. Lamandau, Bupati beserta rombongan mengikuti prosesi penyambutan tamu oleh tokoh Dayak di Tapin Bini.

Setelah itu, Bupati, Kajari, Wakapolres dan rombongan lainnya mengikuti acara ritual adat tula’ bala yang dipimpin oleh mantir (ketua adat) setempat. Setelah ritual adat di rumah Ketua DAD Kec. Lamandau, Bupati beserta rombongan berjalan menuju hulu sungai Lamandau yang terletak di ujung kampung tersebut. Ritual adat dilanjutkan dengan dipimpin oleh mantir Tapin Bini. Ritual adat tula’ bala dilanjutkan dengan balalayah. Balalayah ini dilakukan di bantaran sungai Lamandau dengan cara menghanyutkan beberapa barang ke aliran sungai tersebut. Ini merupakan akhir dari acara tula’ bala di Tapin Bini.

Secara bahasa, tula’ berarti mendorong atau menolak, bala berarti bencana alam atau bala bencana, dan balalayah berarti menghanyutkan. Sehingga secara keseluruhan, ritual adat tula’ bala dan balalayah wabah Covid-19 berarti menolak bala bencana Covid-19 dengan harapan wabah Covid-19 dapat hanyut dan menghilang khususnya untuk di Kab. Lamandau.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng
#LBC

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id