Minggu, 19 September 2021

Bupati dan unsur Forkopimda hadiri Rakor Kepala Daerah bersama Jokowi.

Diterbitkan tanggal 28 April 2021

Lamandau Bergerak Cepat – Rabu (28/04) Bertempat di Aula Setda Lamandau, Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana bersama unsur Forkopimda dan para Asisten Setda Kab. Lamandau mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Kepala Daerah bersama Presiden RI, Joko Widodo.

Acara yang diikuti oleh seluruh Kabupaten/ Kota, dan provinsi ini dibuka dengan sambutan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.
“Rapat koordinasi ini dilakukan agar kita semua selaras dalam melakukan pekerjaan. Daerah harus mendukung program-program nasional seperti mendukung program percepatan nasional dan memelihara nilai-nilai kesatuan bangsa.” ujarnya.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi menekankan ada dua hal penting yang akan disampaikan yaitu permasalahan Covid 19 dan ekonomi nasional. “Kita harus tetap waspada terhadap permasalahan Covid di Indonesia. Terlebih kita akan memasuki libur panjang Hari Raya Idul Fitri. Pengalaman Tahun 2020, ketika ada libur panjang, terjadi lonjakan yang sangat signifikan terhadap penambahan kasus positif Covid di Indonesia. Kita harap jangan sampai terjadi lagi di tahun ini. Pelarangan mudik dan penjagaan ketat di perbatasan antar daerah merupakan salah satu upaya kita agar penyebaran Covid tidak meningkat. Perketat protokol kesehatan dan jangan lengah, karena Covid masih ada di sekitar kita. Untuk vaksinasi juga harus tetap dijalankan. Jangan sampai ada penyelewengan terhadap vaksinasi. Ini merupakan salah satu upaya dalam hal menekan laju Covid di Indonesia.” ucap Jokowi.

“Fokus saya yang kedua adalah perekonomian nasional. Perekonomian nasional telah mencapai titik normal. Seperti industri manufaktur, sebelum pandemi Covid menembus angka 51%, sekarang telah 53%. Kita dukung kembali perekonomian nasional agar kembali pulih dan berjalan normal pada jalurnya. Untuk pemda, agar percepat belanja APBD, terutama belanja modal. Ini akan mendorong perputaran perekonomian di daerah. Bantuan sosial (bansos), bantuan UMKM, BLT, dan bantuan masyarakat lainnya agar segera direalisasikan. Ini menjadi salah satu penggerak roda ekonomi di masyarakat,” lanjutnya.

“Hal lain yaitu percepatan pelayanan perijinan. Apabila pelayanan perijinan cepat, maka investor-investor akan merasa nyaman untuk berinvestasi di Indonesia. Faktor ini juga penting untuk mendukung perekonomian di negara kita. Jadi tekan penyebaran Covid dan tingkatkan perekonomian di Indonesia, ini akan menjadi faktor kesuksesan kita di tahun 2021,” tutup Presiden dalam acara tersebut.
Bupati Lamandau, H. Hendra Lesmana setelah acara rapat koordinasi tersebut mengatakan bahwa, “Pemerintah Daerah harus memahami betul apa yang menjadi arahan Presiden RI. Dengan menekan angka Covid 19, kita dapat meningkatkan perekonomian nasional.”

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng
#LBC

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id