Minggu, 19 September 2021

BUPATI GAGAS GERAKAN MAGRIB MENGAJI DI LINGKUNGAN PEGAWAI SETDA KABUPATEN LAMANDAU.

Diterbitkan tanggal 15 Maret 2021

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Selasa, (04/03). Suara merdu bilal adzan magrib Mushola Abdul Muizz yang terletak di Kompleks rumah Jabatan Bupati Lamandau, pertanda pemberitahuan masuknya waktu shalat sangat menyentuh kalbu. Magrib ini terasa sangat spesial karena pertama kali dimulainya “Gerakan Magrib Mengaji” yang digagas oleh Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana bersama pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau di tengah pandemi covid-19.

Setelah sholat magrib berjamaah dilanjutkan dengan pembacaan surah yassin dan sholawat nariyah bersama sama. Hadir dalam kegiatan dimaksud Bupati Lamandau, Sekretaris Daerah, Kepala Kemenag, Ketua DMI beserta Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau.

Sembari menunggu sholat Isya berjamaah, di isi Kultum oleh Ust. H. Subehan, S.Ag dari Kementerian Agama Lamandau. Tema Kultum kita kali ini adalah “Golongan Orang – orang yang dirindukan surgaNya Allah, SWT, ada 4 amalan yang kita lakukan agar dirindukan oleh SurgaNya Allah, SWT. Ujar Ustadz Subehan mengawali Kultumnya.

Salah satu golongan yang dirindukan surga adalah orang-orang yang suka metadaburi Alqur’an. Allah SWT telah memberikan nikmat yang begitu besar kepada orang-orang yang beriman. Di antara nikmat tersebut adalah Alquran yang mulia. Oleh karena itu, sebagai Muslim, kita memiliki kewajiban untuk mempelajari kitab suci tersebut dengan sungguh-sungguh sehingga kita pun dijauhkan Allah dari kesesatan yang dapat menjerumuskan kita kepada neraka.

Selanjutnya, golongan kedua yang dirindukan surga adalah orang-orang yang menjaga lisannya dari segala perkataan yang tidak berguna. Dalam satu hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud RA, Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah disebut mukmin orang yang suka mencela, yang gemar melaknat, yang suka berkata-kata keji, dan yang berkata-kata kotor,” (HR at-Tirmidzi: 1977).

Adapun golongan ketiga yang dirindukan surga adalah mereka yang memberi makan kepada orang-orang yang lapar. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman bahwa di antara penghuni surga kelak terdapat hamba-hamba-Nya yang gemar memberi makan kepada kaum dhuafa.

Sementara, golongan keempat yang dirindukan surga adalah orang-orang yang berpuasa di Bulan Ramadhan. Begitu banyak hadist yang menjelaskkan keutamaan bagi mereka yang berpuasa di bulan suci ramadhan.

“Allâhumma bâarik lanaâ fîi rajaba wasya‘bâana waballighnaâ ramadlâanaâ”
Artinya : Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan. Semoga kita menjadi bagian dari golongan orang orang yang dirindukan surgaNya Allah, dijauhkan dari bala dan bencana dan wabah cofid-19 ini diangkat oleh Allah, SWT. Ujar Ust. Subehan mengakhiri kultumnya.

Bupati Lamandau ditemui setelah sholat isya berjama’ah mengatakan, “Gerakan Magrib Mengaji” akan rutin dilaksanakan, tentunya dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id