Jumat, 22 Oktober 2021

Bupati Hadiri Acara Ritual Adat Tula’ Bala dan Pendirian Pehobang Laman

Diterbitkan tanggal 07 Juli 2021

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Selasa (07/07), Bupati beserta jajaran Forkopimda dan Sekda menghadiri acara Acara Ritual Adat Tula’ Bala dan Pendirian Pehobang Laman yang diadakan oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kab. Lamandau. Acara yang digelar di Mess Desa, dihadiri pula oleh Batamad, Fordayak, dan pasukan Mantanoi.

Ritual ini dimaksudkan agar wabah Covid-19 di Kab. Lamandau dapat hilang serta memohon dihindarkan dari semua bala bencana. Bupati yang juga merupakan Ketua DAD Kab. Lamandau menyambut positif acara ini.

Acara dibuka oleh Wakil Ketua DAD Lamandau, Willin C. Okamoto. Beliau berucap kegiatan positif ini wajib didukung ditengah kondisi Lamandau yang berjuang melawan pandemi Covid-19.

Bupati Lamandau dalam sambutannya juga memberikan apresiasi, karena ritual tula’ bala ini merupakan salah satu cara kita memohon kepada Tuhan agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan di tengan pandemi Covid-19. “Kita bersama-sama, saling bahu-membahu, saling tolong-menolong untuk pencegahan Covid-19 di Lamandau. Kita juga memohon kepada Tuhan agar kita semua selalu sehat dan agar Covid-19 segera dihilangkan khususnya di Kabupaten yang kita cintai ini,” ucap beliau.

Ritual adat tula’ bala ini dipimpin oleh mantir (Kepala Adat). Setelah acara ritual adat tula’ bala, acara dilanjut dengan mendirikan Pehobang Laman.

Pendirian Pehobang Laman merupakan salah satu ritual adat Dayak yang berarti mendirikan pagar keselamatan bagi suatu daerah. Ini dimaksudkan agar pagar keselamatan ini dapat menjaga Kab. Lamandau dari segala macam bala bencana dan memberikan keselamatan bagi masyarakat di Kab. Lamandau.

Bupati berpesan kepada seluruh masyarakat Lamandau hilangkan rasa cemas, jauhkan diri dari ketakutan yang berlebihan, hidupkan optimisme, bangkitkan empati, tumbuhkan solidaritas sosial. Ini waktunya kita melihat sekeliling, membantu saudara, tetangga, sahabat, bergotong royong ringankan beban saudara kita. Insya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa akan membuka jalan.”

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng
#LBC

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id