Kamis, 28 Oktober 2021

Bupati Ikuti Rapat Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Bersama Pemerintah Pusat Secara Virtual.

Diterbitkan tanggal 07 Januari 2021

Nanga Bulik – Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana Menghadiri Rapat bersama Pemerintah pusat terkait Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan secara virtual di ruang rapat Bupati Lamandau.

Rapat dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan dihadiri oleh Kepala BNPB, Menteri Kesehatan dan Perwakilan Gubernur, Bupati dan Walikota Se Indonesia.

Dalam rapat tersebut dibahas beberapa hal diantaranya Vaksin Covid-19 ini telah didistribusikan kepada 34 Provinsi Se-Indonesia secara bertahap. Selanjutnya untuk pendistribusian vaksin ke Kabupaten/Kota masih menunggu petunjuk dari Kementerian Kesehatan. Kemudian pemerintah pusat menginstruksikan Pemerintah Daerah untuk gencar melakukan sosilisasi dan edukasi khususnya kepada masyarakat tentang apa itu vaksin, tingkat keamanan vaksin serta manfaat yang akan diterima masyarakat setelah disuntik vaksin.

Kemenkes dalam paparannya menyampaikan tentang ketersediaan vaksin, pelaksanaan vaksinasi terhdap SDM Kesehatan, kesiapan faskes serta perbaikan surveillans.
Vaksinasi direncanakan dilaksanakan selama 2 periode dalam kurun waktu 15 Bulan dan akan dimulai pertengahan bulan Januari. Untuk Kalimantan Tengah Pengiriman Alokasi Tahap 1, dialokasikan Vaksin sebanyak 14.680.

Kemudian, dalam rapat Mendagri Tito Karnavian menyampaikan arahannya agar Pemerintah daerah se Indonesia tetap mengiatkan Penegakan Protokol Kesehatan walaupun vaksin sudah tersedia.

Sementara itu, BNPB melaporkan tentang penanganan covid-19 selama 2020, update kasus serta kondisi nasional, pengaktifan kembali posko terpadu covid-19, data lapangan tentang kepatuhan prokes, kemudian juga menginformasikan tentang Program Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku yang bertujuan untuk menggalakkan pemberitaan pers berperspektif perubahan perilaku guna pencegahan penularan Covid-19, memperkaya konten berita media yang menekankan pentingnya kedisiplinan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan, serta melibatkan wartawan sebagai agen perubahan perilaku melalui peningkatan peran pers sebagai institusi dengan fungsi edukasi publik dalam menghadapi bencana nasional.
Dalam kesempatan tersebuut, Bupati Lamandau didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kalaksa BPBD, dan Direktur RSUD Lamandau.

#lamandaubergerakcepat
#lamandaujuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id