Kamis, 21 Oktober 2021

Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana Mengikuti Rapat Video Conference dengan Kemendagri RI dan Instansi Vertikal Lainnya

Diterbitkan tanggal 09 April 2020

Nanga Bulik – Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana Mengikuti Rapat Video Conference dengan Kemendagri RI dan Instansi Vertikal Lainnya.

Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana mengikuti Video Conference Didampingi Pj. Sekretaris Daerah, Ir. H. Masrun, M.Si. dan OPD terkait. Agenda rapat antara lain mengenai penyampaian arahan Kemendagri RI, KPK, BPK RI , dan LKPP mengenai langkah antisipasi dan akuntabilitas pelaksanaan Anggaran dan pengadaan barang dan jasa di daerah dalam rangka pencegahan dan percepatan penanganan Virus Corona (Covid 19). Di aula Setda , Rabu (8/04/2020).

Beberapa hal yang dibahas antara lain Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa dalam kondisi darurat dalam masa penanganan wabah, regulasi serta legal standing yang melindungi dan menjadi landasan hukum untuk para kepala daerah dan OPD teknis. Kondisi darurat memberikan kewenangan kepada pemerintah untuk melakukan proses pengadaan melalui penunjukan langsung dengan tahapan melalui perencanaan, pelaksanaan pengadaan dan pembayaran. Juga dapat melalui swakelola dengan standar tertentu.

Pemerintah Pusat menyampaikan bahwa tidak perlu takut dan khawatir dalam pengadaan barang dan jasa asal pengadaan dilakukan dengan tujuan menolong masyarakat, tidak ada niat jahat, dilakukan secara cepat dan responsive karena keselamatan dan menyelamatkan nyawa adalah hal utama.

Informasi terbaru LKPP dan KPK sudah mengeluarkan surat edaran nomor 8 tahun 2020 dan surat edaran nomor 3 Tahun 2020 tentang penggunaan Anggaran pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan corona virus sebagai panduan gugus tugas covid pusat dan daerah dalam proses pengadaan barang dan jasa, dan penjelasan mekanisme pengadaan barang dan jasa.

Hal ini disampaikan agar pemerintah daerah tidak perlu ragu dalam pengadaan barang dan jasa, pelaksanaan dan mekanisme pengadaan tetap dalam koridor peraturan yang berlaku dan setelah wabah berlalu akan masih tetap dapat diaudit dan ada perlindungan hukum bagi penyedia barang dan pelaksana teknis pengadaan barang dan jasa.

Bupati Lamandau setelah rapat, langsung berkoordinasi dengan opd terkait mengenai langkah apa saja yang akan diambil dalam beberapa bulan kedepan.

#lamandaubergerakcepat
#lamandaujuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Sumber : Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id