Kamis, 21 Oktober 2021

Bupati Lamandau Hadiri Ritual Adat Tiwah.

Diterbitkan tanggal 30 Mei 2021

Lamandau Bergerak Cepat – Minggu (30/05) Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lamandau Edison Dewel menghadiri acara ritual adat Tiwah di Desa Penyombaan Kecamatan Delang, upacara adat Tiwah yang merupakan ritual kematian tingkat akhir menurut kepercayaan kaharingan.

Kedatangan Bupati dan rombongan disambut antusias oleh masyarakat Desa Penyombaan dan desa-desa sekitarnya dengan acara adat potong pantan yang yang dipimpin langsung oleh Mantir Adat setempat.

H. Hendra Lesmana dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa ucapan terima kasih atas penyambutan masyarakat Desa Penyombaan dan sekitarnya yang begitu meriah dan penuh kekeluargaan.

Pada kesepatan itu pula Bupati H. Hendra Lesmana mengingatkan demi mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19, upaya pencegahan terus dilakukan secara masif di wilayah Kabupaten Lamandau.

“Tentu upaya ini akan berjalan maksimal apabila muncul kesadaran masyarakat secara bersama untuk mengatasinya”, kata Bupati.

Bupati menghimbau agar masyarakat bersedia dan mau mengikuti vaksinasi covid 19 sebagai ikhtiar dalam mencegah penularan covid 19 di Kabupaten Lamandau khususnya di Desa Penyombaan.

Bupati meyakinkan bahwa dirinya sudah dua kali menjalani vaksinasi dan hingga saat ini tidak ada masalah. Bupati meminta warganya kelak jika tiba saatnya untuk divaksin agar tidak usah takut.

“Saya sudah menjalani vaksinasi Covid-19. Jadi saya sudah tuntas menjalani vaksinasi Covid-19. Alhamdulillah tidak ada pengaruh negatif dalam tubuh saya, semua berjalan dengan lancar dan baik-baik saja. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Lamandau, nanti ketika sudah tiba saatnya untuk semuanya bisa mengikuti vaksinasi Covid-19,” Lanjut Bupati.

“Saya mendukung penuh dan menyambut baik Upacara Adat Tiwah yang dilaksanakan ini, disamping itu merupakan upacara sacral agama Kaharingan yang dilakukan secara turun temurun. Kehadiran saya disini juga adalah bentuk perhatian saya kepada seluruh warga masyarakat dengan tidak memandang ras, suku dan agama. Acara Tiwah ini merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang, juga merupakan simbol kepercayaan dan keyakinan serta Budaya Adat Dayak Kalimantan Tengah yang perlu untuk selalu dilestarikan dan dipertahankan. Tutup Bupati.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng
#LBC

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id