Sabtu, 31 Juli 2021

Bupati Lamandau Ikuti Rakernas Pembangunan Pertanian 2021.

Diterbitkan tanggal 13 Januari 2021

Nanga Bulik, Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandau, Kepala Bappeda, Kepala Distanakan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, dan Asisten Administrasi Perekonomian, Pembangunan dan SDA mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021 Secara Virtual Di Aula Setda Kabupaten Lamandau.

Rakernas tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden meminta Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo lebih serius dalam pembangunan sektor pertanian, khususnya pengelolaan pangan nasional untuk mengurangi ketergantungan pada komoditas impor. Saat ini, Indonesia sangat bergantung pada impor kedelai, jagung, bawang putih, dan gula. Padahal pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp 33 triliun per tahun untuk subsidi pupuk dan bibit tanaman.

“Kita tahu penduduk Indonesia sudah 270 juta jiwa lebih. Oleh sebab itu, pengelolaan yang berkaitan dengan pangan harus diseriusi. Pembangunan pertanian betul-betul harus kita seriusi, terutama yang berkaitan dengan komoditas pertanian yang impor,” kata Presiden Jokowi .

Menurut Presiden, saatnya pemerintah mengurangi secara berkala komoditas pangan yang diimpor melalui cara-cara modern seperti penggunaan teknologi dan penyediaan lahan pertanian yang luas hingga ratusan ribu hektare, seperti food estate (lumbung pangan), yang kini dikembangkan di Provinsi Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah.

“Tolong, itu menjadi catatan dan dicarikan desain yang baik agar kita bisa selesaikan. Menurut saya tidak bisa kita melakukan hal-hal yang konvensional, rutinitas, monoton seperti yang kita lakukan bertahun-tahun,”kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, rakernas digelar dalam rangka penyusunan program kerja Kementerian Pertanian tahun 2021. “Arah pembangunan pertanian tahun 2021 adalah pertanian maju, mandiri, dan modern,” kata Mentan.

Ia mengatakan, arah pembangunan Kementerian Pertanian adalah meningkatkan produktivitas beserta program pendukung terkait peningkatan produktivitas, dan diversifikasi pangan. “Setiap provinsi harus ada pangan lokal seperti pisang, sagu, dan sorgum,” kata Mentan.
Hadir pada rakernas tersebut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

#lamandaubergerakcepat
#lamandaujuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id