Selasa, 19 Oktober 2021

Bupati Lamandau Pimpin Rapat Koordinasi Karhutla

Diterbitkan tanggal 19 Juni 2020

Nanga Bulik – Bupati Lamandau H.Hendra Lesmana memimpin rapat koordinasi kesiapsiagaan karhutla melalui video conference, Rabu (17/6/2020) di ruang rapat Bupati.

Agenda rapat membahas berbagai hal mengenai kesiapsiagaan Kabupaten Lamandau dalam hal penanganan kebakaran hutan dan lahan yang biasa terjadi hampir setiap tahun menjelang musim kemarau.

Selain itu, juga dalam rangka untuk meningkatkan koordinasi antar lembaga dalam mengantisipasi terjadinya ancaman karhutla yang kemungkinan besar akan terjadi di wilayah Kalteng, terlebih menghadapi musim kemarau yang menurut perkiraan cuaca dan iklim dari BMKG Stasiun Meteorologi akan terjadi kemarau di seluruh wilayah Kalteng pada akhir bulan Juli dan mencapai periode puncaknya pada bulan Agustus dan September 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menekankan harus ada nota kesepahaman tentang edukasi dan point apa saja yang diperlukan dalam penanganan karhutla, edukasi dan sosialisasi penegakan hukum tentang langkah-langkah yang diambil dalam penanganan karhutla di Kabupaten Lamandau yang melindungi hak dan adat istiadat serta perlindungan hukum bagi warga masyarakat lamandau. “Langkah yang akan diambil oleh Pemda antara lain akan meningkatkan peran serta dunia usaha, pemberian reward dan punishment bagi aparat desa yang terlibat langsung dalam meminimalisir kebakaran hutan, penegakan hukum yang memperhatikan kearifan lokal, karena pertanian merupakan point pertimbangan bagi aparat negara untuk memberikan solusi bagi ketahanan pangan dan kemandirian ekonomi masyarakat”, kata Bupati.

Rapat video conference ini diikuti oleh berbagai unsur instansi dan stakeholder yang terkait dengan penanganan kebakaran hutan, paparan disampaikan oleh Kepala BMKG Pangkalan Bun, Polres Lamandau, Kodim, Kajari, Mandala Agni, Camat se Kabupaten Lamandau, BPBD, DPMDes , DINSOS, DLHK, PolPP Damkar, serta DPRD Kabupaten Lamandau .

#lamandaubergerakcepat
#lamandaujuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

sumber : Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id