Selasa, 19 Oktober 2021

Bupati Lamandau Resmikan TPS3R Purwareja.

Diterbitkan tanggal 26 November 2020

Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana meresmikan TPS 3R atau Tempat Pengelolaan Sampah 3 R ( Reduce, Reuse, Recycle) di desa Purwareja.

Tempat pengolah sampah (TPS3R) “maju makmur” di Desa Purwareja Kecamatan Sematu Jaya ini merupakan TPS3R pertama di Kabupaten Lamandau, TPS3R ini diharapkan dapat membantu penanganan dan pengurangan sampah di Kabupaten Lamandau khususnya di kecamatan Sematu Jaya dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan tahapan implementasi Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) yang merupakan bagian dari Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) yang digalang oleh pemerintah pusat dalam rangka mempercepat pembangunan bidang sanitasi dan pemenuhan capaian target sustainable development goal 2030 (sdg’s 2030).

“Harapan kita dengan berfungsinya TPS ini menjadi titik pusat penampungan sampah di Nanga Bulik dan Sematu Jaya, ada pemilahan sampah organik dan anorganik menggunakan alat pencacah sampah yang nantinya diolah menjadi kompos dan poc (pupuk organik cair), menjadi bahan baku yang ekonomis”, Kata beliau

Lebih lanjut, Bupati mengatakan Tujuan dari Pembangunan TPS ini adalah mengurangi sampah dengan system 3 R sebagai pendaur ulang sampah, memiliki nilai ekonomis dan mengurangi pengangguran.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian PUPR bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamandau.
Dalam kesempatan tersebut, Beliau juga menandatangani Prasasti Peresmian TPS3R desa Purwareja yang yang diberi nama TPS 3R Maju Makmur. Selain itu, juga dilakukan penanaman pohon diarea TPS3R oleh Bupati, Perwakilan Kementerian PUPR dan forkopimcam.

Dalam Acara tersebut Bupati Lamandau , didampingi oleh Kadis DLHK, Kadis Pertanian dan Peternakan, Camat Sematu Jaya, Kades Se kecamatan Sematu Jaya, Polsek Bulik, Polsek Sematu Jaya, Balai PPSP Kementerian PU, DANRAMIL 1017, babinsa dan babinkamtibmas,TP PKK, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna Desa Purwareja dan Tokoh Agama.

#lamandaubergerakcepat
#lamandaujuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id