Selasa, 19 Oktober 2021

BUPATI MENGAJAK SEMUA KOMPONEN PERANGKAT DAERAH BEKERJA SAMA MENYUSUN PROGRAM DAN KEGIATAN TAHUN 2022.

Diterbitkan tanggal 21 Mei 2021

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Dalam rangka pencermatan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah Kabupaten Lamandau dan untuk mendukung pencapaian prioritas pembangunan daerah Tahun 2022, Pemkab Lamandau melalui Bappeda Kab. Lamandau melaksanakan kegiatan Ekspos Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2022, kegiatan ini dijadwalkan selama 4 (empat) hari yang diselenggarakan di Aula Bappeda. Dan hari ini Jumat (21/5), adalah hari terakhir kegiatan dimaksud.

Pada hari terakhir ini terdapat 3 (tiga) pokok pembahasan yaitu, Optimalisasi Kualitas Infrastruktur sebagai OPD pengampu adalah PUPR, Peningkatan Perlindungan Sosial dan Kapasitas Penanggulangan Bencana sebagai OPD pengampu adalah BPBD, dan Penguatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi sebagai OPD pengampu adalah Setda Bagian Organisasi dan Hukum.

Bupati Lamandau memimpin Renja hari terakhir ini bersama dengan Kepala Bappeda dan turut dihadiri oleh Kepala OPD terkait. Kegiatan ini guna mencermati dan memastikan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan perangkat daerah tahun 2022 sudah sesuai dengan program prioritas yang telah ditentukan sebelumnya dengan berdasarkan visi dan misi Kabupaten Lamandau 2018-2023 yang tertuang didalam RPJMD. Dengan adanya ekspose Renja ini akan mengubah pola perencanaan dan penganggaran pembangunan yang selama ini dilakukan dengan cara Money Follow Function menjadi Money Follow Program sehingga pengalokasian anggaran prioritas untuk suatu program kerja akan lebih terukur dan jelas didalam melaksanakan pembangunan.

H. Hendra Lesmana menekankan agar Perangkat Daerah harus menyusun program-program kegiatan yang lebih rinci. Sehingga diharapkan yang dulunya setiap OPD yang biasa bekerja sendiri-sendiri, untuk berkoordinasi dari sejak awal perencanaan.

“Sebagai contoh, BPBD sebagai pengampu di bidang penanggulangan bencana alam harus berkoordinasi dengan dinas lainnya seperti Dinsos, Satpoldam, dan dinas terkait lainnya guna mendukung terlaksananya Renja yang telah disusun.

Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, melainkan harus saling bersinergi dan bekerja sama guna mewujudkan Renja yang telah dipaparkan oleh masing-masing Kadis tersebut,” tutur Bupati H. Hendra Lesmana.
Lebih Lanjut Bupati menegaskan dalam penyusunan program dan kegiatan Kabupaten Lamandau tahun 2022 harus di lakukan secara berkualitas dan produktif. Adapun yang harus di perhatikan adalah penentuan program dan kegiatan harus bersifat Quick Wins (menyentuh masyarakat secara langsung), percepatan pemulihan ekonomi yang terkena dampak Covid-19, melakukan penghematan belanja pemerintah dengan fokus pada belanja yang bersifat wajib, menciptakan lapangan kerja baru, percepatan pembangunan dan pengembangan infrastruktur pada pusat-pusat ekonomi dan yang tidak kalah pentingnya adalah membangun komitmen bagi seluruh stakeholder, baik pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng
#LBC

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id