Sabtu, 31 Juli 2021

Bupati Pimpin Apel Karhutla.

Diterbitkan tanggal 16 Oktober 2020

Nanga Bulik – Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana memimpin apel pasukan dan kesiapan sarana prasarana (Sarpras) dalam mengantisipasi dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2020 di Desa Batu Hambawang Kecamatan Bulik, Kamis (15 Oktober 2020)

Apel dihadir jugai oleh Wakil Bupati Lamandau, Forkopimda dan Sekretaris Daerah serta diikuti oleh personil gabungan dari berbagai unsur diantaranya TNI-Polri, Satpol PP, Manggala Agni Kobar, BPBD, dinas badan, dan pihak swasta perwakilan perusahaan-perusahaan.

“Gelar pasukan dan Sarpras ini merupakan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan mengingat akan tibanya musim kemarau yang rentan terjadi kebakaran. Pasalnya beberapa pekan terakhir tercatat ada beberapa hotspot di wilayah Kabupaten Lamandau”, kata Bupati Lamandau.

Bupati juga mengingatkan semua pihak untuk waspada, apalagi saat ini Kabupaten Lamandau sudah menetapkan status siaga karhutla.
Bupati berharap seluruh instansi dan para pemangku kepentingan (stakeholder) bersinergi dalam menanggulangi Karhutla, sehingga dapat minimalisir dampak seperti kabut asap dan rusaknya lingkungan.

“Kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab bersama, pemerintah, termasuk di dalamnya tni dan polri, bertanggungjawab antara lain menyusun kebijakan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, meminta peran aktif dari seluruh masyarakat yang ada di kabupaten lamandau, lembaga usaha, terutama yang berbasis lahan wajib menjaga arealnya dari kebakaran hutan dan lahan, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat agar mendukung pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui upaya-upaya sosialisasi kepada masyarakat” kata Bupati.

Acara Juga dilanjutkan dengan penyematan tanda satgas karhutla oleh Bupati Lamandau kepada perwakilan personil gabungan.

Usai apel siaga karhutla puluhan personel yang tergabung dalam Satgas Karhutla menggelar simulasi pemadaman api pada lahan yang terbakar, Bupati bersama forkopimda ditambah beberapa anggota Polisi, TNI dan masyarakat ikut membantu memadamkan api.

#lamandaubergerakcepat
#lamandaujuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id