Sabtu, 31 Juli 2021

Bupati Pimpin Rapat Pembahasan Masyarakat Hukum Adat.

Diterbitkan tanggal 21 Mei 2021

Lamandau Bergerak Cepat – Jum’at (21/05), Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana membuka rapat yang hadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala DLHK, Kepala DMPD, dan seluruh Camat Se-Kabupaten Lamandau bertempat di Ruang Rapat Bupati pukul 08.00 WIB. Rapat tersebut membahas tentang SOP Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat (MHA).

Dalam arahannya, Bupati Lamandau mengharapkan progres dari terbentuknya MHA di Kabupaten dapat diselesaikan dengan segera sehingga permasalahan yang terjadi sebelumnya dapat terselesaikan. Dalam hal ini berdasarkan arahan Gubernur mengenai perlunya pembentukan MHA disetiap Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah. Bupati juga mengharapkan dalam hal pengelolaan agrobisnis yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar didukung juga oleh Camat dan Kepala Desa di Kabupaten Lamandau, sehingga dapat menghasilkan bagi masyarakat. Sektor perkebunan yang menjadi fokus adalah Kopi, Singkong, Jengkol, dan Jahe.

Perlunya keseriusan terhadap MHA karena ini merupakan hal yang cukup rumit. Kecamatan Batang Kawa sudah mengusulkan berkas untuk pembentukan MHA di Laman Kinipan, namun berdasarkan Verifikasi berkas dari panitia MHA masih terdapat beberapa dokumen yang masih kurang.

Menanggapi hal tersebut, Kepala DLHK mengatakan perlunya pendampingan dari pihak yang benar-benar menguasai mengenai MHA. Koordinasi sudah dilakukan oleh DLHK dengan BPSKL (Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan), dan pihak BPSKL mengaku siap untuk membantu pendampingan MHA di Kabupaten Lamandau. “Direncanakan tanggal 3 Juni 2021 pihak BPSKL akan mensosialisasikan kepada seluruh Camat dan Kades di Kabupaten Lamandau, sangat diharapkan hal ini dapat dimanfaatkan sebaliknya.” Lapor Kepala DLHK.

Asisten Pemerintahan dan Kesra juga menambahkan sangat penting seluruh Kecamatan terutama di Kabupaten Lamandau untuk memiliki MHA sesuai dengan arahan Gubernur Kalteng. “Tata penetapan MHA sangat perlu dicermati dengan baik. Pemkab melalui camat melakukan identifikasi dengan melibatkan masyarakat hukum adat dalam hal penetapan MHA.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng
#LBC

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id