Kamis, 28 Oktober 2021

Bupati Pimpin Rapat Penegasan dan Penetapan Batas Desa Bayat Kecamatan Belantikan Raya.

Diterbitkan tanggal 10 Maret 2021

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana pimpin Rapat Penegasan dan Penetapan Batas Desa Bayat Kecamatan Belantikan Raya, Jum’at (05/03).

Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Camat Belantikan Raya, Kades Pedongatan, Pj. Kades Batu Slipi, Kasubbag Kerjasama dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah, Perwakilan Dinas PUPR serta Perwakilan DPMD.

Penetapan batas wilayah termasuk tingkat desa memiliki makna penting, terutama terkait luas, potensi yang ada serta kebijakan yang akan diambil dalam mengelola wilayah yang ada. Sesuai dengan Amanah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 dan Permendagri Nomor 45 Tahun 2016, Penetapan dan penegasan batas wilayah sebuah Desa merupakan prioritas Pemerintah Daerah.

Oleh karenanya, penentuan batas wilayah pedesaan harus disepakati oleh semua pihak, baik pemerintahan kecamatan maupun desa, tanpa mengesampingkan informasi dari para tokoh masyarakat yang megetahui dan mengerti sejarah wilayah tersebut dengan mempertimbangkan histori, lokasi objek vital dan situs budaya.

“Diharapkan dalam kesempatan ini permasalahan batas antar Desa dapat kita sepakati dengan arif dan bijaksana, jangan sampai kita mengorbankan kepentingan yang lebih besar, yang terpenting adalah mesti disadari bahwa rapat kali ini adalah penegasan wilayah desa antar kecamatan. Oleh karenanya semua pihak harus menjunjung tinggi rasa kebersamaan dan persaudaraan”. Tutur Bupati.

Dikesempatan yang sama Sekretaris Daerah, menambahkan Penetapan Batas Desa Bayat sekaligus untuk melakukan evaluasi pembentukan Desa Batu Selipi, Pihak Desa didampingi tim tata batas Kabupaten telah mengambil Titik Kordinat sesuai versi masing-masing dan tidak ditemukan situs bersejarah pada perbatasan antar desa dimaksud.

Kesimpulan hasil rapat tersebut adalah seluruh peserta menyetujui titik kordinat yang telah diambil, semoga dengan disepakati keputusan rapat ini, maka tapal batas desa segera terselesaikan.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id