Selasa, 27 Juli 2021

Bupati Serahkan Hibah Gedung Perpustakaan Desa Ginih.

Diterbitkan tanggal 19 Januari 2021

Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat dan mencerdaskan anak bangsa dari desa, Pemerintah Kabupaten Lamandau melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, menyerahkan bantuan hibah Gedung Perpustakaan Desa Ginih.

Bertempat di depan Kantor Bupati Kabupaten Lamandau. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah menyelenggarakan acara Penyerahan Hibah Gedung Perpustakaan Desa Ginih yang secara simbolis di serahkan Bupati H. Hendra Lesmana

Dalam acara penyerahan tersebut juga dilaksanakan Penandatanganan MOU serta Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Kabupaten Lamandau dengan Pemerintah Desa Ginih.

Dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah dimaksud. Pemkab Lamandau menghibahkan Gedung Perpustakaan Desa ke Pemerintah Desa Ginih Kecamatan Batang Kawa yang mana diterima langsung oleh kepala Desa Ginih sendiri.

Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana menjelaskan kewajiban adanya perpustakaan tersebut dibutuhkan sebagai pusat sumber belajar masyarakat.

“Bagi desa yang mungkin belum punya perpustakaan desa silahkan mulai dirintis. Bisa gunakan Dana Desa (DD), nanti manfatnya juga akan dirasakan masyarakat. Dengan banyak tercipta Perpusdes diharapkan mampu meningkatkan angka literasi,” ungkap bupati usai penyerahan hibah.

Bupati berharap dengan meningkatnya kesadaran literasi akan di ikuti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan mencerdaskan masyarakat. Terlebih pemerintah pusat sekarang juga beralih fokus ke pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) karena disadari bahwa maju mundurnya bangsa salah satunya ditentukan kualitas SDM.

“Masih banyak PR kita. Belajar tidak hanya di sekolah formal, tapi juga perpustakaan juga tempat belajar. Yang namanya buku adalah jendela dunia, tidak sekedar menambah informasi, tapi wawasan dan cakrawala ilmu pengetahuan,” kata bupati.

Beberapa upaya yang dilakukan oleh Pemerintah daerah melalui Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) dalam rangka meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat. Diantaranya jemput bola peminjaman buku, dan perpustakaan keliling ke desa-desa.

“ini memberi ruang bagi generasi muda untuk gemar membaca,” tambah bupati.

Pada kesempatan dimaksud juga Bupati berkesempatan meninjau kendaraan Sarana Interaksi dan Komunikasi Sosial (Si-Komos) milik Kodim 1017/Lmd. Yang mana nantinya, pihak Kodim yang akan mengoperasionalkan Si-Komos tersebut menjadi perpustakaan keliling
“Pertama, kita ucapkan terima kasih kepada jajaran TNI khususnya Danrem, yang telah menelurkan ide kreatif dengan Si-Komos ini. Tentu di masa pembelajaran yang saat ini lebih banyak dilaksanakan secara Daring, keberadaan Si-Komos diharapkan dapat berperan signifikan,” ungkapnya.
Kita (Pemkab Lamandau), lanjut dia, melakui DPAD melaksanakan sharing koleksi buku bacaannya sebanyak 79 Judul atau 100 Eksemplar. Dan setiap tiga bulan sekali akan di perbaharui jenis dan koleksi bukunya.
“Kita berharap unit Si-Komos ini betul-betul mampu meningkatkan minat baca anak-anak kita serta menjadi solusi kaitan dengan pembatasan pembelajaran tatap muka atau bahkan untuk desa-desa yang blank spot,” harapnya.
Di tempat yang sama, Dandim 1017/Lmd, Letkol Inf. Hafes Is Jafrin, mengatakan bahwa nantinya Si-Komos akan berkeliling di sekolah-sekolah.

Namun sebelum itu pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk menyesuaikan jadwalnya.
“Tidak hanya menjadi perpustakaan keliling, melalui Si-Komos ini juga nantinya ketika ada kampanye militer untuk menyebarluaskan informasi. Karena memang Si-Komos ini adalah sarana interaksi dan komunikasi sosial dengan masyarakat,” bebernya
Turut hadir pada acara dimaksud, kepala DPAD Lamandau Norita Indayanie, Dandim 1017/ Lamandau, Sekcam Batang Kawa beserta Kepala Desa Ginih.

#lamandaubergerakcepat
#lamandaujuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id