Sabtu, 16 Oktober 2021

Dukung Produk Lokal, Pemkab Lamandau Hibahkan Peralatan Pengolahan Kopi Kepada Pengrajin Olahan Kopi Mantir.

Diterbitkan tanggal 26 November 2020

Delang – Guna mendukung pengembangan produk lokal, khususnya olahan kopi, Bupati Lamandau, H. Hendra Lesmana secara simbolis menyerah hibah peralatan pengolahan kopi kepada Kelompok Pengrajin Kopi Olahan “Kopi Mantir” di Desa Riam Tinggi, Kecamatan Delang.

Bantuan yang diserahkan senilai Rp 29 juta yang terdiri atas alat pengemas (continous band sealer ), kertas kemasan double clip dengan 3 jenis ukuran masing-masing 1000 pcs, kertas stiker kemasan 10 paket, meain penepung biji-bijian kapasitas 50 kg dan mesin grinder.

“Kenapa bantuan Rp 29 juta saja sampai harus bupati datang kesini? Karena keinginan kuat saya dalam rangka membangun mimpi kecil masyarakat, membangun UMKM. Ini bentuk apresiasi dan perhatian saya terhadap keinginan masyarakat yang ingin maju,” kata Bupati

Bupati minta agar semua desa di kabupaten Lamandau dapat mencari apa keunggulan desanya, untuk dikembangkan dengan maksimal dan pemerintah daerah akan mendorong serta memberikan pembinaan.

Diketahui, Kecamatan Delang telah ditetapkan sebagai kawasan wisata alam dan budaya di Kabupaten Lamandau. Pemkab Lamandau memberikan dukungan kepada pelaku wisata dalam mengembangkan sarana dan produk belanja bagi wisatawan dengan membantu pendirian showroom kerajinan yang telah dilaksanakan pada tahun anggaran 2019 lalu dan pada hari ini dilanjutkan dengan bantuan peralatan pengolahan kopi mantir yang sedang merintis usahanya sebagai produsen kopi lokal di Kecamatan Delang.

“Setelah kecamatan Delang menjadi tujuan wisata alam dan budaya, maka selanjutnya diharapkan ada kegiatan ekonomi baru yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat , karena pengembangan destinasi wisata tidak lepas dari 3 komponen yakni something to do , something to see , something to buy,” kata Bupati.

Bupati juga berharap Bantuan peralatan pengolahan kopi ini mampu membantu kelompok pengrajin olahan kopi dalam mengembangkan produknya sehingga dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Delang, khususnya desa Riam Tinggi.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan barita acara penyerahan hibah tersebut
Usai menyerahkan hibah bantuan peralatan pengolahan kopi, Bupati menyaksikan demo pembuatan kopi mantir di showroom kerajinan Desa Riam Tinggi.

Kemudian Bupati bersama Asisten II Setda Lamandau, Kepala OPD, Camat Delang, dan Kades se Kecamatan Delang juga menyempatkan bersantai menikmati kopi Mantir dipendopo dipinggir sungai delang.

#lamandaubergerakcepat
#lamandaujuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id