Kamis, 28 Oktober 2021

Fenomena Ikan Mudik, Bupati Lamandau Ikut Menjala Ikan Bersama Warga.

Diterbitkan tanggal 06 Agustus 2020

Nanga Bulik – Beberapa waktu lalu, Disela-sela kesibukannya, Bupati Lamandau, H. Hendra Lesmana bersama-sama Sekretaris Daerah Kab. Lamandau, Muhamad Irwansyah, SP., MP. dan juga warga memanfaatkan hari libur untuk menjala ikan di Desa Tapin Bini, Kecamatan Lamandau.

Fenomena ikan mudik atau migrasi dari hilir sungai menuju hulu sungai menjadi berkah masyarakat dibeberapa desa termasuk bagi warga Desa Tapin Bini, Kecamatan Lamandau, Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah.

Bupati yang didampingi istri Rusdianti Hendra Lesmana turut serta memanfaatkan fenomena ikan mudik tersebut untuk menjala ikan.

“Migrasi berbagai jenis ikan air tawar diantaranya jenis ikan Seluang, ikan Siba, ikan Langguaran, serta berbagai jenis ikan kecil lainnya tersebut terjadi setiap tahun ketika peralihan musim dari penghujan ke musim kemarau berlangsung”, kata Bupati Lamandau, H. Hendra Lesmana.

Menurutnya pada saat bermigrasi ikan air tawar yang jumlahnya mencapai ribuan tersebut secara bergerombol menuju hulu sungai, kemudian warga di titik tertentu menghadang dan menangkap ikan tersebut dengan menggunakan jala, jaring serta tanggok.

“Cara penangkapan ikan secara tradisional yang ramah lingkungan ini menjadi Kearifan budaya lokal setempat, karena berbagai jenis ikan tersebut berukuran kecil, maka ikan yang datang secara bergerombol tersebut tidak seluruhnya tertangkap oleh masyarakat, dan setiba di hulu sungai ikan yang selamat dari tangkapan akan terus tumbuh dan berkembang biak”, kata Bupati.

Hasil tangkapan ikan selain untuk dikonsumsi sendiri, juga menjadi berkah buat masyarakat karena hasil ikan tangkapan yang dijual dapat menjadi tambahan pendapatan keluarga.

Bupati juga mengatakan fenomena tahunan ini juga menjadi potensi destinasi wisata, terlebih lokasi bermigrasinya ikan-ikan ini sungainya masih asri dan terdiri dari riam-riam yang menakjubkan.

#lamandaubergerakcepat
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id