Kamis, 28 Oktober 2021

Forkopimda Lamandau ikuti Rakor Penanganan Covid-19 secara Virtual.

Diterbitkan tanggal 03 Mei 2021

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Senin (03/05) Bupati Lamandau yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kab. Lamandau M. Irwansyah, SP., MP bersama dengan perwakilan unsur Forkopimda dan OPD terkait menghadiri Rakor “Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan & Penanganan Covid-19 di Daerah” yang diselenggarakan oleh Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. Acara tersebut ikuti secara virtual di Aula Setda Lamandau pukul 08.30 WIB.

Acara dibuka dengan sambutan dari Tito Karnavian selaku Mendagri, beliau mengatakan penanganan Covid-19 jangan sampai kendor, belajar dari kasus Covid-19 di India yang membludak. “Bapak Presiden ingin menyampaikan kewaspadaan terhadap Covid-19 agar Kepala Daerah & Forkopimda di seluruh Indonesia untuk satu visi untuk melaksanakan penegakkan disiplin protokol kesehatan dan menerapkan larangan mudik kepada masyarakat” ungkap Mendagri.

Selanjutnya pelaporan situasi Covid-19 di Indonesia dari Wakil Mentri Kesehatan. Ada beberapa daerah dalam sebulan ini memiliki tren kasus Covid mulai meningkat, namun ada juga beberapa daerah yang mulai menurun. “Tren mutasi virus Covid-19 B.1.617 mulai meningkat di beberapa negara di Dunia, maka dari perlu diwaspadaj di Indonesia” ungkap Wamenkes. Dalam proses pelacakan kontak erat, Kemenkes melakukan tracing (pelacakan) secara menyeluruh sehingga didapatkan data yang valid.

Kepala BNPB RI juga menganjurkan kepada Kepala Daerah, jika ada tenaga kesehatan yang terdampak Covid-19 untuk segera melaporkan, sehingga tidak terjadi transmisi antar tenaga kesehatan. “Jika ada WNI yang baru kembali dari luar negeri, harus dilakukan karantina terhadap WNI tersebut” Ungkap Beliau. Perlunya juga edukasi mudik kepada masyarakat.

Selanjutnya paparan dilanjutkan oleh Menteri Perhubungan RI, beliau juga menyarankan untuk tidak mudik di Lebaran tahun ini, dikarenakan dapat terjadinya kenaikan kasus Covid-19. Berkaca dari kasus yang ada di India, kita perlu kurangi berkerumun & kurangi mobilitas keluar rumah. Semua pihak yang bertugas agar terus menjaga koordinasi & komunikasi yang baik sehingga pelaksanaan di lapangan dapat berjalan dengan lancar.

Kemudian laporan dari Menteri Agama, beliau mengatakan peraturan-peraturan dalam beribadah sudah mulai sebar luaskan, terutama penerapan protokol kesehatan diwaktu Idul Fitri nantinya. Konsistensi antar berbagai pihak sehingga protokol kesehatan selama beribadah dapat berjalan dengan baik.
Laporan juga diberikan oleh Polri dan TNI. Dalam pelaporannya, para personil diberbagai lini turunkan demi penegakkan kedisiplinan protokol kesehatan di Indonesia. Polri dan TNI saling bersinergi dalam mengawal distribusi APD dan obat-obatan, vaksin, dan penerapan PPKM Mikro di seluruh Indonesia. Memperketat pengawasan ruang-ruang publik jelang Hari Raya Idul Fitri.
Kejaksaan Agung dan Bada Intelijen Negara juga memberikan beberapa kebijakan dalam penerapan protokol kesehatan dan mendukung dengan ajuran untuk tidak mudik.
“Kepada Gubernur dan Bupati/Walikota untuk hasil rapat ini dapat ditindaklanjuti dalam rapat koordinasi di daerah masing-masing dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.” Pesan Mendagri sembari menutup rapat koordinasi.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng
#LBC

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id