Selasa, 19 Oktober 2021

Forum Gabungan Perangkat Daerah Kabupaten Lamandau Tahun 2021.

Diterbitkan tanggal 10 Maret 2021

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Selasa, (04/03). Pemkab Lamandau menggelar Forum Gabungan Perangkat Daerah yang diselenggarakan di Aula Bappeda. Peserta dari forum ini adalah seluruh OPD lingkup Kabupaten Lamandau dan terdapat perwakilan DPRD dalam Rapat Desk Bidang Infrastruktur, Ekonomi, Sosial Budaya dan Pemerintahan. Acara ini juga merupakan tindak lanjut acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan yang telah diadakan beberapa waktu yang lalu.

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk membahas usulan program dan kegiatan yang telah diusulkan masing-masing kecamatan di acara Musrenbang. Acara ini juga bertujuan untuk mengintegrasikan dan menyelaraskan antara hasil musrenbang tingkat kecamatan dengan Pokok-pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD yang merupakan aspirasi masyarakat yang dititipkan kepada anggota DPRD. Hasil dari forum ini dapat menjadi rencana kerja (renja) tahun 2022 bagi masing-masing dinas di Kabupaten Lamandau. Setelah acara dibuka oleh Bupati Lamandau, masing-masing Kadis memaparkan renja yang akan dilaksanakan di tahun 2022.


“Meskipun terdapat keterbatasan anggaran karena masih difokuskan untuk penanganan Covid-19, saya harap masing-masing OPD tidak berkecil hati. Rumuskan rencana kerja secara efiesien dan efektif tetapi mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan hal kreatif dan inovatif guna dapat menggali potensi yang ada di masing-masing daerah. Ini pada akhirnya akan berujung pada kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Lamandau,” pesan Bupati pada saat pembukaan forum ini.


Pada rapat pleno, masing-masing OPD menyampaikan apa saja yang menjadi prioritas program dan kegiatan mereka di Tahun 2022. Sehingga dapat di lihat bagaimana rencana kerja apakah sesuai dengan usulan musrenbang dan Pokir DPRD atau belum.


Acara yang berlangsung satu hari penuh ini pada akhirnya dapat ditarik kesimpulan. Untuk bidang non infrastruktur, rancangan Renja masing-masing OPD yaitu 131 program dan 320 jumlah kegiatan. Sedangkan untuk bidang infrastuktur terdapat sebanyak 21 program dan 39 jumlah kegiatan.

Di Akhir kegiatan, Sekretaris Daerah M. Irwansyah, SP., MP yang mewakili Bupati Lamandau, membacakan pidato penutupan acara ini. “Diharapkan setiap OPD mencermati saran dan masukan dalam rangka mempertajam target kinerja, adanya keselarasan antara Pokir DPRD dan usulan OPD yang sesuai dengan visi , misi, dan RPJMD, usulan-usulan tersebut harus sesuai dengan yang prioritas dan berkualitas, mewujudkan pengembangan komoditas lokal, masing-masing OPD harus mampu berinovasi untuk menggali potensi daerah kita,” ucapnya.
⠀ “Terima kasih kepada seluruh peserta forum, yang sudah 1 hari penuh hadir mengikuti kegiatan ini. Saya harapkan semua usulan program dan kegiatan yang telah disetujui, dapat dijalankan di Tahun 2022. Akhirnya, dengan memohon Ridho Allah, SWT. Tuhan Yang  Maha  Esa   serta  disaksikan  oleh  kita semua yang hadir pada saat ini, maka  Forum Gabungan Perangkat Daerah Kabupaten Lamandau Tahun 2021 saya nyatakan ditutup,” Ujar Sekretaris Daerah mengakhiri sambutannya.

#LamandauBergerakCepat
#LamandauJuara
#setdalamandau
#lamandau
#kalteng

Protokol dan Komunikasi Publik

Foto selengkapnya >>>

Share
© 2021 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id