Rabu, 24 Juli 2019

Hendra Lesmana: Keakuratan Data Penting untuk Keberhasilan Pembangunan

Diterbitkan tanggal 25 Oktober 2018

Nanga Bulik – Bupati Lamandau H Hendra Lesmana menegaskan, keakuran data dan informasi sangat penting untuk keberhasilan pelaksanaan pembangunan daerah.

“Informasi memegang peran yang penting bagi keberhasilan pelaksanaan pembangunan,” kata Hendra Lesmana saat memimpin rapat Forum Data Dalam Rangka dan Inventarisasi Data Statistik Sektoral, Rabu (24/10/2018).

Menurutnya, aspek komunikasi Informatika statistik dan persandian saling berkaitan dan terintegrasi dari hulu ke hilir serta mempunyai keterkaitan.

“Kebijakan satu data Indonesia merupakan arah strategis menuju data pembangunan yang terintegrasi, sebagai dasar perencanaan pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi serta pengendalian pembangunan ekoregion dan nasional,” bebernya.

Hendra mengatakan, pengembangan satu data yaitu meningkatkan kualitas data pembangunan, menghilangkan duplikasi dan kebingungan terkait data, serta memperkuat peran wali data menjadi satu-satunya pintu keluar masuk data instansi pemerintahan.

Dalam kesempatan itu, dia juga menegaskan bahwa rapat forum data yang dilaksanakan tersebut merupakan harmonisasi sebagai wujud hubungan kerjasama yang baik antara organisasi perangkat daerah (OPD) beserta stakeholder terkait.

Sebagai upaya sinkronisasi kebijakan dan program serta sebagai jembatan untuk koordinasi dan menyamakan persepsi antara penyedia data dengan penggunaan data, dari segi substansi konsep dan penjelasan teknis yang digunakan masing-masing instansi.

“Pada kegiatan statistik sektoral, seluruh OPD bertindak selaku produsen atau sumber data dan informasi. Oleh karena itu, dinas yang melaksanakan urusan pemerintahan bidang statistik harus mampu menjamin ketersediaan data dan informasi yang handal serta akurat,” ucapnya.

Diharapkan, melalui kegiatan tersebut juga, data dan informasi dapat disajikan lebih akurat. Sehingga mampu memenuhi jejaring komunikasi antar lembaga komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Lamandau.

Sumber : Borneonews, Oleh Hendi Nurfalah 24 Oktober 2018 – 19:52 WIB

Share
© 2019 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id