Rabu, 17 Juli 2019

Lamandau belajar penerapan TPP berbasis e-kinerja ke Banyuwangi

Diterbitkan tanggal 25 Desember 2018

Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah, melakukan studi tiru ke Banyuwangi terkait penerapan aplikasi elektronik Tunjangan Tambahan Penghasilan PNS (TPP) berbasis e-kinerja.

“Kami berkaca dengan Banyuwangi yang sudah lebih dahulu menerapkannya dan penting kami adopsi dan dilaksanakan di Pemkab Lamandau,” kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana, Senin.

Untuk memantapkan kerja sama, Pemkab Lamandau melakukan penandatanganan nota kesepakatan TPP berbasis e-kinerja dengan Pemkab Banyuwangi. Penandatanganan dilaksanakan bertepatan Hari Jadi Kabupaten Banyuwangi ke-247 tersebut dilakukan Bupati Lamandau Hendra Lesmana dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, disaksikan Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukito diBanyuwangi belum lama ini.

Ruang lingkup dalam kesepakatan dengan Banyuwangi mencakup pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi, pelatihan, dan pendampingan teknis aplikasi serta pengembangan sistem informasi manajemen perencanaan dan penganggaran serta pelaporan.

Hendra menjelaskan alasan kenapa Banyuwangi yang dipilih menjadi tempat belajar penerapan TPP berbasis e-kinerja lantaran Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu kota di Indonesia yang telah berhasil menerapkan e-government, salah satunya adalah pemberian TPP berbasis e-kinerja.

Ia juga mengatakan, nantinya TPP yang bakal diberikan berdasarkan beberapa penilaian komponen diantaranya e-presensi, kegiatan harian pegawai dan mobilitas kerja pejabat.

Sehingga besar kecilnya TPP yang bakal diterima ditentukan oleh tingkat kinerja pejabat atau pegawai yang bersangkutan.

“Misalnya dalam pelaksanaan e-kinerja nantinya berdasarkan e-presensinya ada yang terlambat maka sistem yang akan memotong secara otomatis,” tegasnya.

Hendra menjelaskan dengan penerapan TPP berbasis e-kinerja salah satunya bertujuan untuk mengukur kinerja aparatur sipil negara. Selain itu juga penerapan e-kinerja maka produktifitas dan kinerja pegawai akan meningkat.

“Terima kasih kepada jajaran Pemkab Banyuwangi, terkhusus Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas yang telah menyambut kami dengan baik,” demikian Hendra.

Sumber : Antarakalteng, Pewarta : Koko Sulistyo, Editor: Admin 2 COPYRIGHT © ANTARA 2018,

 

Share
© 2019 Website Resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau | setda.lamandaukab.go.id